Baca Berita Koran Bengkulu Ekspress, Nikmati Juga Videonya

Koran Multimedia Pertama di Bengkulu

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Selama sebulan terakhir ini, koran Bengkulu Ekspress dalam menyajikan berita kepada para pembaca, senantiasa juga didukung dengan teknologi QR code (barcode) yang diletakkan berdampingan dengan berita terkait.

Pemimpin Redaksi Harian Bengkulu Ekspress (BE) Iyud Dwi Mursito, menjelaskan melalui barcode yang berwarna hitam putih, para pembaca juga dapat menikmati video berita, terhubung langsung ke channel bengkuluekspressdotcom. “Ini merupakan respons koran BE memanfaatkan teknologi informasi yang berkembang sangat cepat,” ujarnya.

QR code adalah sebuah kode matriks atau barcode 2 dimensi yang diciptakan perusahaan Jepang, Denso-Wave tahun 1994. Kata QR, kependekan dari quick response, sesuai tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dan mendapatkan respons dengan cepat.

Kode ini amat populer di Jepang. Banyak perusahaan menggunakannya untuk aktivitas pemasaran dan promosi. Hampir semua jenis ponsel di Jepang dan Korea bisa membaca QR code. Kode ini sudah digunakan di berbagai media Eropa. “Koran Bengkulu Ekspress menjadi koran multimedia pertama di Bengkulu yang menggunakan QR code,” katanya.



Bahkan, koran Bengkulu Ekspress juga telah memiliki program, DIALOG BAROMETER, wawancara khusus dengan tokoh-tokoh publik Bengkulu, dimuat di Koran Bengkulu Ekspress, dan juga videonya dapat dilihat dengan melakukan scane QR code. “Selain itu juga ada liputan-liputan khusus, tidak hanya disajikan secara tertulis, tapi juga menggunakan video,” terangnya.

Lalu bagaimana cara membaca barcode itu di koran?

Pembaca dapat menggunakan aplikasi scaner, yaitu bagi pengguna iOS dapat mendownload secara gratis aplikasi barcode di app store, sedangkan pengguna android juga dapat mendownload di play store secara gratis. “Ada beberapa aplikasi barcodenya, antaranya QR scanner dan QR code read yang bisa digunakan,” jelasnya.

Setelah aplikasi barcodenya didownload dan diinstal, lalu untuk membaca barcode yang terdapat di koran. Maka aplikasi tersebut dibuka, lalu muncul layar kamera, kemudian arahkan kamera ke posisi yang ada gambar barcodenya. “Sebab itu adalah link untuk membuka video dari berita yang ditampilkan di koran Bengkulu Ekspress,” ucapnya.

Untuk dapat memanfaatkan teknologi QR code, ponsel wajib memiliki akses internet. Isi dari situs jaringan tersebut dapat berupa berita lebih lengkap, grafis, foto-foto tambahan bahkan videonya. Pemakaian QR code juga dapat untuk memberikan konten multimedia sebuah iklan.

Pengiklan dapat memanfaatkannya untuk memperluas product knowledge pelanggan yaitu dengan penjelasan tekstual atau penayangan video interaktif. “Jadi melalui QR code, pengiklan bisa mendapat respons pembaca,” tambahnya.

Dampak lain yang diharapkan dari pemanfaatan QR code adalah makin berkembangnya pembaca muda. Pelajar SMA, misalnya, dapat meningkatkan pengetahuan umum melalui konten-konten yang dapat diakses dengan lebih mudah, menarik, dan lebih visual.”Ini adalah satu bentuk transformasi meningkatkan pendidikan bagi kelompok pembaca muda melalui pemanfaatan perkembangan teknologi informasi,” tutur Iyud.

Langganan Epaper

Bengkulu Ekspress (BE) juga menyediakan koran digital atau e-paper dengan harga yang jauh lebih murah. Untuk menikmati paket berlangganan ini, anda harus melakukan registrasi dan bertransaksi secara online dengan cara ketik, http://epaper.bengkuluekspress.com pada browser. setelah itu scroll down dan klik DAFTAR.

Selanjutnya isi kolom REGISTRASI dan klik DAFTAR. Langkah selanjutnya cek verifikasi pada email (apabila tidak ada di INBOX, cek SPAM). Lalu klik link verifikasi untuk mengaktifkan member. Berikutnya masukan USERNAME dan Pasword, cari button MENU, lalu pipih MENU MEMBER, pilih SUBMENU berlangganan Epaper.

Pembaca dapat memilih paket berlangganan, lalu klik BELANAGGANAN. Cek kembali email untuk melihat detail order dan cara pembayaran. Setelah diaktivasi, pembaca dapat menikmati sajian koran BE dimanapun melalui android, tablet atau komputer.

Bengkuluekspress.com

Pembaca Bengkulu Ekspress juga dapat mendowload aplikasi bengkuluekspress.com di palikasi playstore. Dengan mendonload aplikasi tersebut, pembaca dapat menikmati berita-berita terupdate dari bengkuluekspress.com. Berbagai berita, dari berbagai daerah di Bengkulu, berita berita pendidikan, berita olahraga, berita bisnis, politik, hiburan, kriminal, serta banyak rubrik lainnya tersedia dapat diakses secara gratis.  Banyak hal akan dikembangkan untuk menambah pengetahuan pembaca dari suatu informasi yang disajikan dalam ruang terbatas di koran. Selamat menikmati!!(001)