Ayo Tanam Cabai Minimal 10 Batang di Pekarangan

Gerakan tanam cabai
Pemkot Bengkulu dukung Gerakan Tanam Cabai Nasional. (Foto IST/bengkuluekspress.com)

Mar 13, 2017  15:30

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Banyak cara menekan tingkat inflasi yang tergolong masih sangat tinggi saat ini. Salah satunya dengan mengikuti cara atau  melakukan anjuran  pemerintah  pusat  yaitu  menggalakkan Gerakan Tanam Cabai.

Anjuran pemerintah ini,  Pemerintah Kota Bengkulu  melaunching Gerakan Tanam Cabai Nasional dihalaman Kantor Pangan dan Pertanian Kota Bengkulu, hari ini, Senin (13/03).

Menurut Staf Ahli bidang Ekonomi dan SDM Kota Bengkulu, Matriani Amran, Program nasional penanaman cabe juga berimplikasi pada kebijakan program prioritas menuntaskan kemiskinan dan pengembangan infrastruktur Visit 2020 Wonderfull di Bengkulu.

“Sektor pertanian merupakan sektor andalan perekonomian Bengkulu maka dibutuhkan inovasi dan motivasi serta kerja keras dalam penggarapannya,” ujarnya.

Ditambahkannya, langkah yang bisa diambil agar  hargai Cabai tetap stabil diantaranya, peningkatan pendapatan antara lain ditingkatkan upah jual beli, akses usaha sumber daya produktif yang meliputi modal usaha distribusi harga dan pangan, selain itu dengan adanya keanekaragaman pangan akan mendorong peran serta masyarakat.

“Diharapkan bagi masyarakat kota Bengkulu untuk mensukseskan ini dengan cara minimal menanam 10 pohon cabai di rumah tangga masing-masing,”.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bengkulu, Arif Gunadi berharap, program Gerakan Tanam Cabai bisa efektif, apalagi saat ini sudah memasuki musim kemarau.

“Program penanaman Cabai setidaknya setiap rumah masing-masing menanam cabe secara efektif sekaligus melakukan pemeliharaanya karena mengantisipasi faktor cuaca telah memasuki musim kemarau,” kata Arif.

Acara ini juga turut dihadiri Ketua PKK Kota Ny. Nelwitis Marjon, kader PKK kecamatan se-kota Bengkulu dan  para ASN. (one/rls)