Ayo! Saksikan Wayang Kulit Semalam Suntuk

kadis-Dikbud-provinsi-Bengkulu-Budiman-Ismaun.-2
FOTO KAPUSPEN
Kapuspen Kemendagri, Dr Bahtiar MSi

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Dalam rangka melestarikan warisan budaya bangsa, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu menggelar pertunjukan Wayang Kulit Semalam Suntuk, yang akan digelar besok Sabtu (15/9) malam di lapangan terbuka Stadion Semarak Bengkulu, Sawah Lebar, Kota Bengkulu.

Wayang Kulit ini dengan lakon “Pendowo Bangun Kerajaan” dengan menghadirkan dalang kondang Bayu Aji, serta bintang tamu Wiwid Widayati, SH dari Solo dan Angga Ardyanto/ Gareng dari Salatiga, Semarang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Drs. Budiman Ismaun M.Pd melalui Kepala Bidang Kebudayaan, Zahirman Aidi M.TPd menuturkan, pagelaran wayang selain untuk melestarikan budaya, juga mempererat tali silahturahmi sekaligus memperkokoh tali persatuan dan kesatuan dan berfungsi menghibur masyarakat Bengkulu.

Lebih lanjut dikatakan Zahirman, pagelaran wayang kulit ini dimaksudkan untuk melestarikan budaya Jawa di Indonesia dengan lakon “Pendowo Bangun Kerajaan”. Dalam ceritanya banyak mengandung makna-makna filosofi dan ajaran persatuan dan kesatuan. Hal ini seiring dengan tujuan berkontribusi dalam membangun Provinsi Bengkulu.

“Selain pelestarian budaya, ceritanya mengajak masyarakat untuk bersama-sama membangun daerahnya,” jelasnya. Pagelaran wayang ini tanpa dipungut biaya alias digratiskan kepada semua masyarakat Bengkulu yang ingin menyaksikan. Kegiatan ini akan dibuka Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah.



Untuk itu, Zahirman mengajak kepada para pecinta wayang untuk bersama-sama memeriahkan sekaligus menghadiri acara tersebut, baik diundang secara resmi maupun undangan terbuka.

Panitia pun tengah mempersiapkan rangkaian acara tersebut hingga matang, mulai dari merias panggung, sound sistem dan undangan yang sudah tersebar dan dipastikan dalang Bayu Aji akan tiba di Bengkulu pada Jumat sore (sore ini,red). Ia berharap pagelaran ini mampu memberikan hiburan bagi masyarakat Bengkulu, khususnya pecinta wayang. “Persiapan sudah matang, semua undangan sudah tersebar tinggal action lagi, ” tutupnya. (247)