Ayo Majukan Olahraga di Lebong

TERIMA : Ketua KONI Lebong yang baru Donni Swabuana ST MSi ketika menerima secara resmi bendera KONI dalam pelantikan kepengurusan KONI Lebong, kemarin (16/3).

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong akan mendukung seluruh bentuk atau jenis olahraga yang dapat memajukan Kabupaten Lebong.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Lebong, H Mustarani Abidin SH MSi dalam acara pelantikan pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Lebong yang diketuai oleh Donni Swabuana ST MSi di aula Swarang Patang Stumang Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lebong, senin (16/03).“Insya Allah apapun yang dibutuhkan untuk kegiatan-kegiatan memajukan olahraga, pemkab akan mensuport,” jelsanya, senin (16/03).

Menurut Sekda, bibit-bibit atlet dari Kabupaten Lebong sangat banyak dan mampu bersaing dengan atlet dari kabupaten atau provinsi yang ada di Indonesia.“Jangankan olahraga, pembibitan atlet juga sangat kita dukung,” sampainya.

Untuk itulah, sambungnya, Pemkab Lebong juga sangat mensuport atas terbentuknya KONI di Kabupaten Lebong yang selama ini tidak ada. Pengurus terbentuk, namun tidak musyawarah daerah (Musda) dan tidak melaksankan amanah dari Musda terlebih dahulu.“Untuk itulah terbentukanya KONI sangatlah kita suport,” ujarnya.

Sementara ketika disinggung masalah aturan seorang Aparatur Sipil Negera (AS) dilarang untuk menjabat sebagai Ketua KONI, ditegaskan Sekda, bahwa didalam undang-undang memang tidak boleh menjadi pengurus.

Akan tetapi, pemerintah daerah tidak mungkin mematikan atau membiarkan olahraga dibiarkan mati dan tidak bergerak.

“Kepentingannya lebih besarnya mana, olahraganya mati atau kita tidak menempatkan orang kita yang mampu untuk menjadi pengurus KONI,” tanyanya

Sementara itu, Ketua Umum KONI Provinsi Bengkulu, Mufran Imron mengatakan, bahwa pihaknya akan merekomendasikan Kabupaten Lebong sebagai calon tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tahun 2020 ini.“Hal ini dikarenakan Lebong adalah basisnya olahraga,” ujarnya.

Menurut Mufran, hal ini terlihat ketika dilaksanakannya Poprov beberapa waktu yang lalu, pihaknya mengetahui bahwa banyak atlet-atlet Kabupaten Lebong dipakai oleh kabupaten atau kota di Provinsi Bengkulu.

Untuk itulah dengan banyaknya potensi atau basis atlet kenapa tidak direkrut oleh KONI Lebong.“Apalagi kami meyakini kedepan energi Lebong di bidang olahraga akan semakin meningkat lagi,” ucapnya.

Untuk itulah, sambunya, jika nantinya Lebong telah siap untuk menjadi tuan rumah porprov, maka hal tersebut sangatlah didukung.“Kemampuan Lebong sangat kita apresiasi, apalagi Lebong sudah beberapa kali melaksanakan event-event nasional, apalagi hanya sekelas Porprov,” tutur Mufran.(614)