Awasi Beras Luar, Pantau Pasar

Ir Iskandar AZ

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Untuk mengantisipasi beras luar yang tidak layak konsumsi masuk ke Bengkulu Selatan (BS), Dinas Ketahanan Pangan BS, saat ini rutin memantau pasar – pasar tradisional di BS.

“Jangan sampai nanti beras tidak layak konsumsi masuk ke BS,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan BS, Ir Iskandar AZ.

Dikatakan Iskandar, saat ini marak isu beras dari luar masuk ke Indonesia diantaranya dari negara Thailand. Sehingga dikhawatirkan beras tersebut kurang bagus. Padahal di BS sendiri ada beras kedurang dan beras seginim yang kualitasnya sangat bagus. Sedangkan dari luar belum diketahui kualitasnya.

“Bukan melarang beras luar masuk, tetapi sebagau antisipasi jangan sampai warga BS mengkonsumsi beras yang tidak layak konsumsi,” ujarnya.

Oleh karena itu, sambung Iskandar pihaknya akan membentuk tim. Kemudian tim nanti akan mendatangi pasar-pasar tradisional di BS untuk memastikan semua beras yang dijual di pasar layak konsumsi. Dirinya juga mengharapkan kerja sama dan dukungan warga, jika ada beras luar masuk ke BS. Sebelum diedarkan agar dapat memberitahukan ke pihaknya. Lalu timnya turun untuk mengeceknya. Sehingga nanti dapat dipastikan apakah beras itu layak konsumsi atau tidak.

“Bagi yang tahu beras luar masuk ke BS segera sampaikan ke kami agar bisa kami cek sebelum beredar,” imbau Iskandar. (369)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*