Awas Longsor dan Pohon Tumbang di Wilayah Kaur

LONGSOR: Anggota BPBD Kaur dan Polres Kaur saat mengecek longsor di Tebing Seranjangan yang menjadi langganan longsor, Sabtu (7/11).

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Hujan deras yang terus melanda wilayah Kabupaten Kaur beberapa pekan terakhir ini harus menjadi perhatian serius semua pihak. Sebab dampaknya, potensi bencana sudah mulai terlihat di beberapa wilayah Kaur. Seperti longsor dan pohon tumbang pun mengancam para pengendara yang melintas. Untuk itu masyarakat diminta agar lebih waspada.

“Kita minta kepada pihak terkait untuk bisa melakukan pemantauan khususnya bagi warga yang tinggal di perbukitan dan juga pengendara yang melintas di jalan yang banyak pohonnya,” kata Kepala BPBD Kaur, Ujang Syafiri SPd SPI, Minggu (8/11).

Dikatakannya, warga harus lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana yang kemungkinan terjadi. Sebab curah hujan terus mengguyur wilayah Kabupaten Kaur. Juga beberapa titik jalan rawan longsor dan harus diwaspadai pengguna jalan, yakni jalan lintas Kaur Tengah, Luas, Muara Sahung, Semidang Gumay, Nasal dan Kinal. Dimana daerah ini rawan longsor dan juga pohon tumbang, sebab kini banyak pohon yang sudah tua dan rawan tumbang.

“Dengan cuaca seperti ini saya selalu imbau warga agar lebih waspada, karena perubahan cuaca saat ini sangat cepat dan tiba-tiba,” terangnya.

Ujang menambahkan, guna mengantisipasi terhadap bencana yang kemungkinan terjadi, pihaknya bersama tim reaksi cepat penanggulangan bencana siap bergerak setiap saat untuk membantu warga. Juga ia mengingatkan warga sedang berlangsung badai sebaiknya tidak berada di bawah pohon karena khawatir tertimpa pohon. Sebab, hampir setiap hari Kaur dilanda badai dan hujan lebat.

“Untuk di lokasi yang rawan bencana, diantaranya Kecamatan Kinal, Semidang Gumay, Luas dan lainnya. Untuk warga yang menetap di sekitar sungai dan pengendara juga sudah kita imbau agar selalu waspada,” imbaunya. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*