Awas Covid-19 Incar Ibu Hamil di Bengkulu Utara

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten BU, Syamsul Maarief SKM MKes

ARGA MAKMUR, bengkuluekspress.com – Dari data pasien terkonfrimasi positif Covid-19 di Kabupaten Bengkulu Utara (BU) dalam minggu pertama Bulan Maret 2021 yang mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Dari jumlah tersebut beberapa kelompok diketahui lebih rentan terkena Covid-19, salah satunya ibu hamil.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten BU, Syamsul Maarief SKM MKes mengatakan, sejak ada peningkatan kasus pada minggu pertama bulan ini sudah ada 2 orang ibu hamil yang positif Covid-19. Maka dari itu, dirinya mengharapkan kepada kaum perempuan, terutama ibu hamil untuk selalu menjaga kesehatan agar nantinya aman saat melahirkan. Selain itu, juga membatasi diri untuk tidak berinteraksi dengan orang lain terlebih dahulu serta melaksanakan tiga M secara ketat. Yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan memakai sabun dengan air mengalir dilakukan secara ketat.
“Ya, dari data bulan ini saja sudah ada 2 orang ibu hamil dinyatakan positif. Maka dari itu, saya selaku tim Satgas menghrapkan kepada ibu hamil untuk selalu jaga jarak, memakai masker dan cuci tangan pakai sabun dan jauhi kerumunan,” katanya

Ujang menambahkan,jika sebelumnya kasus terkonfirmasi positif di Kabupaten BU mayoritas adalah kaum pria, namun sekarang ini justru sebaliknya kaum perempuan lebih banyak.
“Justru sekarang kaum perempuan lebih banyak,”terangnya.

Terkait hal tersebut juga, Ujang menuturkan, dalam penanganan ibu hamil atau yang akan melahirkan pihaknya telah menyiapkan ruang khusus di rumah sakit baik ruang operasi, ruang bersalin dan penambahan ruang perawatan ibu melahirkan.
“Memang terkait hal ini sudah kita beritahukan kepada rumah sakit dalam penanganan ibu hamil yang terpapar covid-19,” pungkasnya. (127)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*