Awas Copet di Tempat Wisata

PANTAU Kapolres bersama anggotanya saat memantau langsung objek wisata pantai Laguna, Rabu (206 (1)
IRUL/Bengkulu Ekspress
PANTAU: Kapolres bersama anggotanya saat memantau langsung objek wisata Pantai Laguna, Rabu (20/6).

BINTUHAN KABUPATEN KAUR, Bengkulu Ekspress – Ramainya tempat wisata menjadi sasaran empuk untuk aksi kejahatan. Untuk itu, diminta kepada para pengunjung tempat objek wisata agar waspada dengan tindak kriminalitas seperti pencopetan. Sebab, ada sebagian orang yang tak bertanggung jawab memanfaatkan kepadatan di tempat wisata.

“Titik rawan kriminal itu ditempat ramai seperti tempat wisata. Untuk itu kita minta kepada pengunjung agar waspada,” kata Kapolres Kaur AKBP Sisman Adi Pranoto SH SIK, kemarin (20/6).

Dikatakan Kapolres, biasanya momen liburan hari raya Idul Fitri ini kejahatan yang kerap terjadi di tempat objek wisata, dimana paling sering terjadi adalah pencopetan. Agar terhindar dari pencopetan, warga diimbau selalu waspada di manapun berada. Selain itu, pola perilaku dan penampilan juga perlu diperhatikan ditempat umum agar tidak menarik perhatian pencopet.



“Biasakan jangan mengundang orang untuk melihat kesempatan itu. Misal bawa tas, tas terbuka diatasnya,” terangnya.

Ditambahkan Kapolres, kepada para pengunjung diminta memperhatikan barang bawaan. Bila membawa anak-anak, maka orang tua harus mewaspadai agar tidak terpisah. Juga jika masyarakat menjadi korban pencopetan, agar segera mengambil tindakan untuk melapor kepada pihak polisi. “Juga minta pengawasan terhadap anak-anak ditempat wisata juga harus ditingkatkan. Jangan dibiarkan main sendirian, karena jangan sampai liburan menjadi duka,” tandasnya.(618)