Awas, Calo CPNS

large-test-cpns
Foto ; IST

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Menjelang penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang akan digelar pada 19 September 2018 ini, Sekretaris daerah (Sekda) Kaur, H Nandar Munadi SSos MSi, mengimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap praktik penipuan yang dilakukan calo CPNS.

Sebab biasanya mereka mengiming-imingkan kelulusan CPNS, dengan imbalan bayaran yang bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah.“Kami sarankan agar peserta CPNS nanti mengikuti alur dan berusaha sesuai kemampuan masing masing. Jangan mendengar oknum yang mengaku bisa membantu kelulusan dengan imbalan uang, karena kelulusan para peserta CPNS ditentukan oleh kemampuan para peserta sendiri,” terang Sekda.

Dikatakan Sekda, ia meminta masyarakat jangan percaya oknum yang menawarkan jasa bisa meloloskan CPNS. Sebab saat ini penerimaan CPNS berbasis online dan seluruh pendaftar harus mengikuti tes tanpa terkecuali. Juga tes CPNS dengan model CAT pun berlangsung transparan. Seluruh hasil tes langsung ditayangkan.

“Semua langsung di bawah Badan Kepegawaian Nasional (BKN), dan sekarang semua online, dan tesnya nanti akan dilakukan di Bengkulu,” jelasnya.

Ditambahkan Sekda, sudah menjadi pemandangan umum, setiap jelang pelaksanaan CPNS bergentayangan oknum calo yang biasanya menggunakan modus mendompleng nama pejabat tertentu untuk meyakinkan calon korbannya. Nandar menambahkan, jika warga atau peserta CPNS menemukan adanya calo, pihaknya menganjurkan untuk melaporkannya kepada pihak berwenang.



“Karena ulah oknum yang menjanjikan kelulusan, jelas penipuan. Persaingan dalam pengrekrutan CPNS tahun ini memang berat, terlebih tapi yang lulus nantinya tentu karena memiliki kelebihan dibanding lainnya,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, untuk Kabupaten Kuar sendiri mendapatkan sebanyak 250 orang kuota CPNS, yang terdiri dari formasi tenaga pendidikan berjumlah 150, tenaga kesehatan 70, dan teknis/infrastruktur berjumlah 30 orang. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*