Awas ! Ada Mie Instan Mengandung Babi

Mie Instan diduga Mengandung Babi
Mie Instan diduga Mengandung Babi

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Bengkulu hari ini melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke seluruh pusat perbelanjaan moderen di Kota Bengkulu. Kegiatan ini dalam rangka melindungi masyarakat terhadap produk pangan yang tidak memenuhi ketentuan, seperti beredarnya mie instan asal Korea yang diketahui mengandung daging babi. “Kita akan melakukan pemantauan pengecekan terhadap satu produk asal korea, yaitu mie instan yang diduga mengandung babi atau turunannya,” ujar Kepala BPOM Bengkulu, Martin Suhendri, kemarin (18/6).

Berdasarkan hasil sampling dan pengujian terhadap mie instan asal Korea ini, beberapa produk menunjukkan hasil positif mengandung fragmen DNA spesifik babi, namun tidak mencantumkan peringatan mengandung babi pada label kemasan produk. Oleh sebab itu, Balai Besar POM Pusat telah mengeluarkan surat perintah kepada seluruh BPOM seluruh Indonesia untuk memerintahkan importir yang bersangkutan untuk melakukan penarikan produk-produk tersebut dari peredaran. Kemudian, melakukan pencabutan nomor izin edar karena tidak sesuai ketentuan, dan melakukan public warning di laman Badan POM.

“Jadi kita akan turun mengawasi apakah produk itu sudah beredar di Kota Bengkulu, kalau ditemukan maka kita langsung melakukan penarikan,” ungkap Martin. Adapun target pemantauan ini antara lain di sarana distribusi retail produk pangan yang menjual produk termasuk diantaranya importir/distributor, toko, supermarket, hypermarket, pasar tradisional atau sarana yang sering melakukan pelanggaran di wilayah kerja. (805)