Awal Maret, TPA Serah Terima

Jefryy/Bengkulu Ekspress- Lokasi TPA yang selangkah lagi akan di serah terimakan ke Kabupaten Seluma.

TAIS, Bengkulu Ekspress – Selangkah lagi, keberadaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Desa Talang Sali, Seluma Timur, segera bisa dimanfaatkan. Terkait pekerjaan fisik Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Bengkulu,pada 2018 sudah diselesaikan. Diprediksi awal Maret mendatang keberadaan TPA diserahterimakan ke Pemerintah Kabupaten Seluma.

“Dari informasinya Dinas PUPR, Bidang Cipta Karya Provinsi Bengkulu, awal maret akan serah terima termasuk juga dengan alat berat yang ada,” ujar Kepala Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Seluma Hadi Susanto Ssos MM kepada Bengkulu Ekspress kemarin (26/2).

Selain lokasi TPA juga terdapat sejumlah alat berat sebagai oprasional TPA yang diserahterimakan ke Pemda Seluma oleh PUPR Provinsi Bengkulu. Kedepan seluruh sampah rumah tangga khusunya warga Tais, ikut dibuang ke lokasi TPA dengan luas 10 hektar tersebut. “Jika memang sudah di serah terimakan maka sampah sampah rumah tangga akan di buang di lokasi TPA,” sampainya.

Ditambahkan, jika memang sudah pasti serah terima tersebut. Maka Tempat pembuangan Sementra(TPS) di Bungga Mas, yang ada saat ini ditutup dari aktivitas pembuangan sampah, sehingga dialihkan sepenuhnya ke TPA. Untuk teknisnya, LH masih menunggu terlebih dahulu perihal TPA tersebut.

Saat ini, sebanyak 112 orang petugas kebersihan sudah teken kontrak kerja untuk menjaga kebersihan. Mulai dari penyapu hingga tenga potong rumput hingga petugas kebersihan lingkungan kota tais. 112 orang petugas kebersihan ini hanya bergaji Rp 1 juta setiap bulannya dan telah teken kontrak hingga agustus mendatang.



“Terhitung awal februari 112 orang tenaga keberishan LH sudah teken kontrak hingga agustus. Mengingat anggran hanya mampu sampai agustus.”sampainya.

Dibeberkan, 112 orang ini juga jika memang pasti diserah terimakan TPA maka tugas mereka juga akan semakin meningkat. Dengan memungut sampah rumah tangga dan membuangnya dengan mobil dum truk ke TPA. Namun petugas TPA dengan ahli dalam pengelolaan juga harus dibutuhkan. Sehingga harus ikut di rekrut kedepannya. “Jelas dengan TPA diserahterimakan ke LH, maka petugas yang ada juga harus ditempatkan di TPA tersebut,” imbuhnya singkat.(333)