Awal Agustus Barukoto Dibangun

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Pasar Barukoto yang ada di Kelurahan Malabero Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu, rencanannya mulai dibangun awal Agustus nanti. Proyek pembangunan pasar tersebut sudah memasuki tahap lelang. Hal tersebut dibenarkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bengkulu, Dewi Dharma. “Sudah memasuki tahapan lelang, insyaAllah awal Agustus sudah mulai pembangunannya,” jelas Dewi Dharma, Jum’at (19/7).

Yang akan dibangun adalah Barukoto I, bagian pasar yang menghadap ke Benteng Marlborough. Pada bagian atas pasar tersebut akan dibangun pusat kuliner, nantinya akan ditempatkan penjual yang menjual berbabagai makanan khas Bengkulu. Bagian bawah rencanannya akan dibangun menjadi taman.

Tetapi pembangunan bagian bawah Pasar Barukoto tidak akan dilakukan tahun ini, karena anggaran tidak cukup. Total anggaran untuk membangun pasar Barukoto Rp 1,5 miliar dan 1,4 miliar diantarannya dianggarkan ke fisik. “Bagian atas nanti akan kita buat pusat kuliner yang menjual makanan khas Bengkulu,” imbuh Dewi.

Pembangunan Pasar Barukoto I diutamakan sarana dan prasarana perdagangan. Konsep pembangunan di lantai atas akan dijadikan pusat perbelanjaan menjual sejumlah kebutuhan pokok, kuliner dan pernak-pernik aksesoris. Seperti diketahui, kondisi bangunan Pasar Barukoto cukup lama tidak terurus, terutama bagian lantai atas. Beberapa pengunjung kebanyakan datang untuk menikmati kuliner yang banyak terdapat di sekitaran Pasar Barukoto I. (167)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*