Awak Kapal Tiongkok Dilarang Turun di Pelabuhan Pulau Baai

Edward

BENGKULU, ?bengkuluekspress.com – Kapal Tiongkok yang masuk ke Perairan Bengkulu akan diawasi secara ketat untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

Perwakilan Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Pulau Baai Provinsi Bengkulu, Edward mengatakan, kapal kargo yang datang dari Negeri Tiongkok diperbolehkan masuk untuk melakukan bongkar muat barang.

Namun, dalam rangka kewaspadaan dan pencegahan masuknya cirus corona, awak kapal tidak diizinkan turun atau keluar dari pesawat/kapal.

“Kita pastikan tidak ada kapal yang tidak kita awasi,” ujarnya, Rabu (26/2).

Ia juga mengatakan, agen pelayaran kapal asing juga harus melengkapi dokumen perizinan kedatangan kapal tersebut melalui sistem online yaitu Inaportnet dimana agen pelayaran mengajukan permohonan kedatangan kapal termasuk asal pelabuhan sebelumnya, identitas kapal dan juga muatannya serta status awak kapalnya sebelum masuk ke Bengkulu.

“Hasil pemeriksaan dari petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan menyatakan seluruh seluruh kapal asing yang masuk Bengkulu dinyatakan sehat dan bebas dari virus corona,” terangnya.

Pihaknya menegaskan bahwa seluruh pelabuhan harus melaksanakan SOP yang sama terhadap kapal asing yang memasuki pelabuhan di Indonesia untuk mengantisipasi penyebaran virus corona yang saat ini sedang diwaspadai dan menjadi sorotan dunia. (CW1)