Auning Pasar Koto Jaya Digratiskan


Drs yulian Fauzi MAP
foto:IST

MUKOMUKO,Bengkulu Ekspress – Sebanyak 55 unit auning di Pasar Koto Jaya, tepatnya di pinggir jalan lintas barat (Jalinbar) digratiskan. Para pedagang dibolehkan berjualan di auning ini tanpa dipungut bayaran.  Kepala Disperindagkop dan UKM Kabupaten Mukomuko Fauzi SH MH kepada Bengkulu Ekspress kemarin (7/2) menuturkan.

“Para pedagang itu nantinya hanya dibebankan membayar biaya sewa listrik dan biaya kebersihan.”

Sebelum auning itu ditempati pedagang untuk berjualan, kata Fauzi, petugas Disperindagkop mendata dan memverifikasi calon pedagang yang bakal menempati auning tersebut. Tujuannya, agar pedagang yang menempati auning itu benar-benar berjualan. Disperindagkop tidak menginginkan pedagang hanya mengambil auning, namun tidak digunakan sebagaimana mestinya.



“Kita seleksi dan verifikasi lebih lanjut calon pedagangnya. Ini untuk memastikan auning itu benar-benar dibuka setiap hari untuk berjualan,” ujarnya.

Fauzi juga menyampaikan, pihaknya juga tengah mendata kembali pedagang yang mendapatkan kios tertutup di pasar tradisional Koto Jaya.

Pasalnya, pantauan di lapangan masih ada beberapa kios tersebut tidak digunakan untuk aktivitas perdagangan.
“Ini juga kita evaluasi. Mana kios yang tidak digunakan tempat pedagang berjualan. Kios itu tidak menutup kemungkinan akan dialihkan atau diperuntukan bagi pedagang lainnya yang benar-benar akan berjualan dan buka setiap hari,”lanjutnya.(900)