Audit BOS dan BOK, Ipda Mukomuko Temukan Kesalahan Administrasi

MUKOMUKO,bengkuluekspress.com – Jajaran Inspektorat daerah (Ipda) Kabupaten Mukomuko telah selesai melakukan audit penggunaan dana BOS di jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta BOK di jajaran Dinas Kesehatan.
“Auditnya sudah selesai, baik itu BOS dan BOK,” sampai Kepala Inspektur Inspektorat Daerah (Ipda) Kabupaten Mukomuko, Sukiman, Rabu (25/11).

Menurutnya, untuk dana BOS dari ratusan sekolah yang tersebar di Mukomuko, sekitar 30 sekolah yang di audit dan yang di nilai berisiko. Ini dengan pertimbangan masih dalam situasi Covid-19 dan keterbatasan SDM. Sedangkan audit dana BOK di seluruh Puskesmas yang ada di daerah ini.
“Penggunaan dana BOK dan BOS mayoritas kami temukan kesalahan administrasi. Temuan itu telah kita sampaikan ke pengguna anggaran, dan alhamdulillah telah diperbaiki,” katanya.

Kendati demikian, Sukiman mengingatkan, kepada pihak – pihak pengguna anggaran BOK dan BOS lebih teliti. Sehingga dalam penggunaan uang negara tidak lagi ditemukan hal – hal yang tidak diinginkan. Termasuk kesalahan administrasi, yang hampir setiap tahun menjadi temuan jajarannya.
“Telah kita ingatkan OPD dan pengguna anggaran keuangan negara supaya lebih teliti dalam laporan penggunaan anggaran tersebut. Termasuk penggunaannya harus benar -benar sesuai prosedur dan peraturan yang berlaku,” ingat Sukiman. (900)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*