Audisi Gita Bahana Diikuti 40 Peserta

ENDANG/Bengkulu Ekspress Kadis Dikbud Provinsi Bengkulu, Drs. Budiman Ismaun didampingi Kabid Kebudayaan R Wahyu DP dan dewan juri, Agus Kurnia Wiboso saat membuka audisi GBN di Hotel Vista, kemarin (21/5).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Guna menjaring bakat-bakat para pemuda-pemudi dalam hal paduan suara dan olah vokal, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi Bengkulu menggelar Audisi Gita Bahana Nusantara (GBN) tingkat Provinsi Bengkulu Tahun 2019 di Hotel Vista Bengkulu.

Seleksi diikuti oleh 40 peserta dari 5 kabupaten/kota.  Para peserta dari berbagai umur dan tingkatan pendidikan, baik SMP, SMA dan mahasiswa. Kapala Dinas Disdikbud Provinsi Bengkulu, Drs. Budiman Ismaun M.Pd menegaskan dunia seni saat ini cukup menjanjikan dalam perekonomian, untuk itu ia menyarankan pada peserta lomba tidak menganggap kompetisi ini ringan.

Menurut Budiman, seni adalah wadah yang sangat menjanjikan, karena begitu terpilih hingga nasional maka kemampuan yang dimiliki seseorang bisa dikembangkan dan menjadi sumber penghasilan. Dikatakannya, generasi muda adalah tunas bangsa, dimana jiwa nasionalis dan kebangsaan harus ditanamkan dan dibina sejak dini.



Dengan cara mengilhami perjuangan para pahlawan melalui lagu-lagu nasional, lagu wajib, dan lagu perjuangan adalah salah satunya. “Pada seleksi Gita Bahana Nusantara ini maka akan tumbuh rasa patriotise dan nasionalisme,” cetusnya.

Pada audisi kali ini dilakukan secara transparan, dengan melibatkan dewan juri daerah, juga dihadiri tim juri nasional. “Sehingga mereka yang terpilih menjadi pemenang nanti benar-benar orang yang terbaik dan memiliki suara yang bagus sehingga mampu menjadi calon angggota paduan suara Istana Merdeka,” ujarnya.  Akan ada empat peserta terbaik, mereka akan menjadi duta daerah dan membawa nama daerah dalam hal seni suara di pusat.

Sementara juri tingkat nasional, Agus Kurnia Wibowo SSn menuturkan, Audisi GBN ini merupakan agenda tahunan, diharapkan para peserta mampu menguasai materi-materi yang telah diberikan.  “Para peserta harus bisa menguasai materi baik ritme, intonasi, nada,” imbuhnya.

Ada delapan hingga sepuluh lagu yang dikenalkan, peserta harus cepat memahami, tanggap dan siap pakai. Karena audisi GBN tahun ini para peserta terbaik akan ada banyak agenda yang dilakukan. Selain tampil di istana negara, agenda sidang tahunan presiden di gedung MPR dan DPR serta dan tampill di DPD, serta hari konstitusi, serta akan tampil di media elektronik nasional.

Dalam audisi ini, para peserta dapat mempersiapkan diri dalam segi suara, mental, serta penguasaan membaca notasi balok. Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Lisjayawati mengatakan, audisi ini dilaksanakan atas dasar persiapan menghadapi ajang perlombaan yang kedepannya akan dilaksanakan serta menyaring generasi-generasi baru yang memiliki potensi dalam olah vokal.

ada 40 peserta yang mengikuti seleksi audisi gita bahana tingkat provinsi. Dari sepuluh kabupaten/kota hanya lima kabupaten yang mengirim peserta, sisanya absen. Kabupaten yang tidak mengirimkan peserta yakni Kabupaten Bengkulu Selatan, Kabupaten Kaur, Kepahiang dan Lebong.  “Kami berharap ke depan kabupaten tersebut bisa berpartisipasi,” tukasnya. (247)