Audiensi Dengan Gubernur, Bupati BU Sampaikan 10 Point Penting

ARGA MAKMUR, Bengkuluekspress.com – Bertempat di ruang rapat Gubernur Bengkulu lantai III Pemda Bengkulu, Selasa (18/6), Bupati Bengkulu Utara (BU), Ir. H Mian, melakukan audiensi bersama Gubernur Provinsi Bengkulu Rohidin Mersyah. Pada agenda acara audiensi ini,Bupati BU Mian membahas substansi terkait dengan isu strategis infrastruktur dan perizinan usaha pertambangan, serta isu dampak lingkungan yang dinilai sangat mengkhawatirkan saat ini.

“Ya dalam audiensi tadi saya bersama Pak Gubernur membahas isu-isu strategis baik infrastruktur, perizinan, pertambangan, serta lingkungan yang dinilai mengkhawatirkan saat ini,” kata Mian.

Mian menambahkan, dalam audiensi tersebut menyampaikan beberapa point penting antara lain, kondisi infrastruktur jalan dari Tugu Polwan-Giri Mulya yang saat ini banyak terdapat spot jalan yang rusak berat. Jembatan yang rusak berat akibat bencana banjir dan longsor Jembatan Tanjung Agung Palik, Jembatan Gunung Selan, Jembatan Senali Taba Tembilang, Jembatan Talang Rendah. Jembatan strategis milik provinsi yang menjadi sentra penghubung sumber perekonomian masyarakat, yaitu Jembatan Lubuk Mindai. Terkait dengan status Balai Beni
Ikan Kuro Tidur. Evaluasi Dampak Lingkungan Akibat Aktivitas Pertambangan yang sudah sangat mengkhawatirkan. Evaluasi Dampak Lingkungan akibat izin galian C di Kecamatan Tanjung Agung Palik dan Kerkap (Aspirasi Masyarakat). Rencana pembangunan SMK Maritim Ketahun dan SMK Perikanan Budidaya Terpadu Padang Jaya. Bantuan Escavator dari Kementerian Pertanian yang salah satun peruntukannya untuk Kabupaten BU. Bantuan Tenaga Kesehatan (Dokter Spesialis Untuk Ruma Sakit Pratama Ketahun). Rencana pembangunan pabrik karet di Kabupaten BU untuk percepatan pertumbuhan ekonomi kerakyatan.

“Ada 10 point penting yang saya sampaikan kepada gubenur tadi. Mudah-mudahan apa yang disampaikan tadi dapat segera terealisasi,” harapnya.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, merespon baik, atas maksud dan tujuan yang disampaikan Bupati BU. Dia mengupas satu persatu usulan dan isu strategis yang disampaikan Bupati BU Ir H Mian. Dalam audiensi ini juga, Gubernur berjanji memaksimalkan penyerapan anggaran khususnya untuk alokasi pembangunan infrastruktur yang sudah dianggarkan pada APBD Provinsi Bengkulu Tahun Anggaran 2019 yang lokasi pembangunnya berada di Kabupaten Bengkulu Utara.

“Terkait apa yang disampaikan pak Bupati Mian, saya berjanji memaksimalkan penyerapan anggaran khususnya untuk alokasi pembangunan infrastruktur yang sudah dianggarkan pada APBD Provinsi Bengkulu Tahun Anggaran 2019, untuk Kabupaten BU,” sampainya.

Selain itu juga terkait dengan Jembatan Tanjung Agung Palik dan Jembatan Lubuk Mindai, Gubernur Bengkulu mengatakan, segera ditindaklanjuti tahapan dan proses pengadaan barang/jasanya.


Khusus jembatan yang rusak berat akibat banjir dan tanah longsor di 4 (empat) titik Pemerintah Provinsi segera tangani dengan menggunakan alokasi pemeliharaan rutin jalan dan jembatan,” ujar Pelaksa Tugas Kepala Dinas PUPR Provinsi Bengkulu.(127)