Atlet Sea Games Berlaga di Porwil


BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Bengkulu akan menyiapkan atlet professional asal Bengkulu yang saat ini berada di luar daerah. Hal ini dilakukan agar dapat meraih prestasi maksimal dalam Pekan Olah Raga Wilayah (Porwil) tahun 2019. Bahkan atlet peraih medali perak pada Sea Games 2017 lalu dari cabang olahraga (cabor) renang akan diturunkan pada event ini.

Kepala Dispora Provinsi Bengkulu, Atisar Sulaiman SAg MM mengatakan, pihaknya bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Bengkulu akan sekuat tenaga mempersiapkan sejumlah atlet professional untuk berlaga pada Porwil ke X di Provinsi Bengkulu pada 3-9 November 2019. Hal itu dilakukan agar Provinsi Bengkulu bisa meraih perolehan minimal 7 besar pada event terbesar di Sumatera ini.



“Kita akan menurunkan atlet professional, baik itu atlet yang sudah ada, maupun atlet yang selama ini membela daerah lain, akan dipanggil pulang kembali membela Bengkulu,” kata Atisar, kemarin (21/3).

Dengan menurnkan atlet professional asal daerah, diharapkan Bengkulu bisa meraih prestasi yang memuaskan. Bahkan pihaknya bersama KONI sudah merencanakan untuk memanggil pulang para atlet professional asal Bengkulu yang selama ini berada diluar daerah.”Kita akan panggil atlet professional untuk pulang ke daerah, mereka harus mau, masa membela daerah mereka tidak mau,” ujarnya.

Beberapa atlet professional asal Bengkulu yang akan disiapkan oleh Dispora Provinsi Bengkulu mulai dari atletik, panjang tebing, renang, bulu tangkis, bilyard, sepak bola, tinju, catur, kempo, muay thai. Bahkan dikabarkan Atlet Renang Professional asal Bengkulu dan juga pernah mewakili Indonesa pada kejuaraan Sea Games 2017, Sofie Kemala Fatiha akan ikut dalam perhelatan ini.

“Kita belum bisa memastikannya, tetapi kita akan upayakan atlet professional asal Bengkulu akan mengikuti Porwil ini nanti,” tutupnya.

Sementara itu, Sofie Kemala Fatiha saat dihubungi Bengkulu Ekspress mengaku akan mengikuti perhelatan Porwil ke X di Provinsi Bengkulu. Dirinya akan membawa nama Provinsi Bengkulu dan diharapkan bisa meraih medali emas untuk cabor renang.”Iya nanti saya akan ikut kejuaran Porwil di Bengkulu, doakan saja, semoga bisa menang dan mengharumkan nama Bengkulu,” tutupnya.

Ketua KONI Provinsi Bengkulu, Mufran Imron menjelaskan, dengan adanya beberapa atlet professional yang diturunkan, maka diharapkan Bengkulu bisa masuk minimal 5 besar. Untuk itu, pembinaan atlet akan terus dilaksanakan sehingga perolehan medali dipastikan akan semakin nyata nantinya.”Target kita tidak muluk-muluk, masuk papan tengah sudah baik, sebab dari Porwil sebelumnya Bengkulu berada di papan bawah perolehan medali,” tukasnya.

Terpisah, Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, Muharamin menekankan, dengan porsi anggaran yang cukup besar dan Bengkulu sebagai tuan rumah Porwil, selain bisa sukses menjadi tuan rumah Porwil, juga diikuti dengan prestasi. “Harapan kita para atlet mampu berprestasi lebih baik dalam Porwil kali ini,” tutupnya.(999)