Atlet NTB dan DKI Juara , Atlet Bengkulu Masih Harus Berjuang Keras

bengkulu runBENGKULU, Bengkulu Ekspress – Event Bengkulu RUN 2018 10 K dan 5 K yang digelar oleh Pemerintah Kota Bengkulu dan Harian Bengkulu Ekspress (BE) telah terselenggara dengan sukses. Hasilnya, atlet asal Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Ridwan (29) nomor dada 20 berhasil memegang bendara finish pertama pada kategori putra nasional.

Kemudian diperingkat kedua, berhasil diraih oleh Nur Sidiq nomor dada 53 asal Jogjakarta, peringkat ketiga Hamdan nomor dada 12 asal Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Pada katagori putri nasional, Bengkulu Run 2018 itu diraih oleh atlet asal Provinsi DKI Jakarta bernama Odekta Naibaho nomor dada 62.

bengkulu runDisusul juara kedua Yulia Ningsih nomor dada 34 asal Provinsi Jawa Timur dan Juara ketiga diraih oleh Pretti Sihite nomor dada 13 asal Kota Medan.

“Ini jadi semangat saya untuk terus mengikuti event kejuaraan,” ujar Ridwan kepada Bengkulu Ekspress, usai meraih medali penghargaan pada event Bengkulu RUN 2018 dalam rangka HUT Kota Bengkulu ke-299 dan HUT BE ke-13, di Lapangan Sport Center Pantai Panjang Bengkulu, kemarin (25/3).

Dijelaskan Ridwan yang berhasil membawa uang tunai Rp 20 juta ini, dirinya sudah berkali-kali mengikuti kejuaraan RUN di Provinsi Bengkulu. Bahkan dalam 5 tahun terakhir, dirinya sudah lima kali mendapatkan juara. Mulai juara 1 sebanyak 3 kali dan juara 2 sebanyak 2 kali. “Ya memang sudah sering dapat juara di Bengkulu,” paparnya.

Ridwan mengaku puas atas keberhasilan yang sudah diraihnya. Namun beberapa catatan diberikan, terkait track jalan yang menjadi lokasi perlombaan. Masih ditemukan jalan-jalan rusak dan kurangnya beberapa fasilitas dalam event. Meski demikian, hal tersebut bukan menjadi penghalang, untuk mendapatkan juara dalam event bergengsi tersebut.

“Kita berharap event ini terus digelar, jika perlu dalam setahun itu bisa dua kali. Bagi temen-temen yang belum berhasil, tetap semangat berlatih,” tambah Ridwan.

Senada, dengan Odekta Naibaho juara pertama tingkat putri nasional, dirinya sudah dua kali mendapatkan juara pada event Bengkulu RUN tingkat nasional. Menurutnya, tetap konsisten ikut dalam event di Bengkulu, lantaran track yang menantang dan adanya suguhan pemandangan pantai yang indah.

“Luar biasa sekali eventnya dan kita bersyukur sudah berhasil juara lagi,” ungkap Odekta.

Menurutnya, dirinya bengga Bengkulu masih tetap gencar menggelar event besar sekelas nasional. Ini menjadi catatan terbaik, untuk memberikan motivasi kepada daerah lain, agar bisa ikut menggelar event seperti ini. “Saya bangga, masih ada daerah yang menggelar event ini. Harus terus digencarkan. Apalagi antusias masyarat di Bengkulu sangat baik sekali,” imbuhnya.

Sementara itu, Bengkulu yang belum berhasil mendapatkan peringkat pertama pada Bengkulu Run tingkat nasional, baik putra mau putri, masih akan tetap berjuang keras.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Bengkulu, H Meri Sasdi Jantan MPd mengatakan Bengkulu memang masih berat untuk mendapatkan juara pertama pada tingkat nasional. Meski demikian, berbagai upaya akan dilakukan. Termasuk mencari bibit unggul sejak usia dini.

“Memang berat untuk dapat juara tingkat nasional. Kita akan berjuang keras dan sekarang kita terus gecarkan latihan-latihaan dan mencari atlet sejak dini,” ujar Meri.

Pengembangan yang dilakukan dengan mengaktifkan kembali Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (BAPOPSI). Wadah ini nantinya yang akan melakukan pembinaan kepada calon-calon atlet, khususnya pada event RUN baik 10K maupun 5K.

“Selama ini BAPOPSI itu tidur, sekarang kita bengunkan lagi. Ini yang terus kita gencarkan dan hal ini tugas kita bersama,” ungkap Meri yang juga Ketua Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Provinsi Bengkulu.

Disisi lain, Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Bengkulu, H Budiman Ismaun MPd menegaskan, event ini harus terus diselenggarakan. Jika perlu event Bengkulu RUN baik 10K maupun 5K dapat digelar event tahunan yang dilakukan oleh Pemda kota Bengkulu. “Event-event seperti ini harus digecarkan, dalam mencari atlet untuk Bengkulu. Jika perlu jadi event tahunan untuk Bengkulu,” pungkas Budiman.

Seperti diketahui, event Bengkulu RUN 2018 dimulai pada pukul 06.00WIB Sport Center Pantai Panjang. Rute yang ditempuh akan melewati objek-objek wisata di Kota Bengkulu mulai dari Pantai Panjang, tugu simpang lima, Masjid Jamik, Benteng Marlborought, Kampung Cina, Tapak Paderi, dan finish kembali di sport center.

Ribuan perserta yang mengikuti event ini dari berbagai wilayah di Indonesia, mulai dari Kota Bandung, Sumatera Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah. (151)

JUARA BENGKULU RUN 2018

KATAGORI PUTRA NASIONAL
NAMA PERINGKAT ASAL NOMOR DADA

Ridwan I NTB 20
Nur Shidiq II Jogjakarta 53
Hamdan III Sumbar 12
M Yunus IV Sumbar 11
Yahuza V Babel 21
Khairullah VI Sumbar 45

KATAGORI PUTRI NASIONAL
NAMA PERINGKAT ASAL NOMOR DADA
Odekta Naibaho I DKI 62
Yulia Ningsih II Jatim 34
Pretti Sihite III Medan 13
Irma Handayani IV Kaltim 60
Tari V Sumbar 61
Juni VI Sumbar 73

KATAGORI PUTRA DAERAH
NAMA PERINGKAT ASAL NOMOR DADA
Sahat I SKO Bengkulu 220
Juni Siantoro II Mukomuko 375
Ilman III Curup 55
Omray IV Curup 57
Wili Arianto V UNIB 225
M Rodin VI Ketahun 393

KATAGORI PUTRI DAERAH
NAMA PERINGKAT ASAL NOMOR DADA
Fidela I SKO Bengkulu 51
Silvi Utami II SMA N 3 50
Eka Oktapiana III Rejang Lebong 48
Meri IV Satpol PP Kota 17
Ely Sabat V Rejang Lebong 80
Cindy VI PPLP Bengkulu 47

KATAGORI PUTRA SMA
NAMA PERINGKAT ASAL NOMOR DADA
Ahmad Anawar I SKO Bengkulu 147
Teto II SKO Gulat Bengkulu 84
Wahyu Barnok III SMAN 5 Kota 38
Akbar Mahyoga IV SKO Bengkulu 62
Sakti Dika V SKO Bengkulu 146
Bima Nanda Putra VI SMK 3 Seluma 215

KATAGORI PUTRI SMA
NAMA PERINGKAT ASAL NOMOR DADA
Suryani I SMA N 3 Rejang Lebong 69
Riraya II Gulat Bengkulu 25
Dian Jauhari III SKO Bengkulu Utara 22
Dwi Melati Putri IV SMAN 3 Kota 46
Nesya V Bengkulu Selatan 71
Cici Poldesia VI Gulat Bengkulu 29

KATAGORI PUTRA SMP
NAMA PERINGKAT ASAL NOMOR DADA
Adma Prayudi I Gulat Bengkulu 119
Rahmad Ilham II Curup 340
M Ilham III MTS 1 Kepahiang 165
Bayu IV SMP Pelita Kasih 98
Bobi Syahputra V SMP 49 Bengkulu Utara 240
Soji Setiawan VI Seluma 188

KATAGORI PUTRI SMP
NAMA PERINGKAT ASAL NOMOR DADA
Kurnia Nurazizah I SMP N 9 29
Savira Ananda Rizki AuliaII SDN 74 137
Meilani III SDN 87 159
Della Purnama Bintang IV PPLP Bengkulu 142
Cut Vona V SMP N 18 161
Naya Khairulnisa VI SMPN 2 116