Atasi Banjir Butuh Rp 25 Miliar

MUKOMUKO, BE – Pemerintah Daerah Kabupaten Mukomuko membantah keras tudingan tidak  mampu mengatasi banjir yang kerap terjadi di Desa Pondok Batu Kecamatan Kota Mukomuko. Hanya saja kendala yang saat ini dihadapi adalah mengenai anggaran. “Bukannya tidak mampu mengatasi, melainkan butuh anggaran yang cukup besar untuk penanggulangannya,” terang Kepala BPBD Kabupaten Mukomuko, Jasni Bahari SPd.

Anggaran yang dibutuhkan itu sekitar Rp 25 miliar dan oleh pihaknya pun akan mengusulkan anggaran itu ke Badan Nasional Penangggulangan Bencana (BNPB). Dari puluhan miliar itu akan dibangun drainase primer dengan panjang 5 ribu meter dan plat bueker 2 unit. Tujuannya air sungai yang meluap dapat tersedot dengan cepat dan tidak mengenangi rumah penduduk di desa itu. “Proposalnya sudah kita susun dan telah ditandatangani oleh bupati dan segera disampaikan ke BNPB pusat,” katanya.

Pembangunan gorong-gorong dan pembangunan drainase yang ada saat ini diakui belum maksimal. Pasalnya dua fasilitas itu belum mampu untuk mengatasi luapan air yang berasal dari 2 sumber sungai.

“Harapan kita usulan yang diajukan diterima oleh BNPB agar bisa dipergunakan untuk penanganan banjir,” tandasnya. (900)