Asyik, Flickr Semakin Memanjakan Penggunanya

17156_14923_sip-flickJAKARTA – Situs berbagi foto Flickr telah memperbaiki berbagai fitur andalan untuk memudahkan penggunanya. Yakni, dalam mencari, mengatur, dan membagikan gambar dan video. Pembaharuan tersebut disediakan untuk versi desktop maupun mobile.

Tiga fitur utama adalah UploadrsCamera Roll in the Cloud, dan Unified Search Experience.

Dalam keterangan pers yang diterima Jawa Pos (Induk JPNN.com), Senin (11/5), Head of Engineering Flickr Tim Miller memastikan pembaharuan itu membuat Flickr makin asik dan nyaman untuk digunakan. Sebanyak 112 juta pengguna bakal lebih efisien dalam mengatur 11 miliar foto yang ada di Flickr.”Kami selalu memikirkan bagaimana menciptakan ruang agar pengguna dapat menyimpan dan mengatur memori yang berharga sepanjang hidup mereka,” ujar Miller.

Dia menambahkan, fitur baru itu bisa diakses sama baiknya dari produk Apple, Android, atau website. Selain itu, fitur baru ini bisa mengetahui foto atau video yang dikira sudah hilang. Saat pengguna sudah mengunggah banyak foto atau video di akun flickr, kadang kerepotan saat mencari file spesifik. Nah, Unified Search Experience bisa membantu menemukan file itu.

Teknologi algoritma pencarian terkini dari Flickr itu mampu mencari lebih pintar dan cepat. Pengguna tinggal mencarinya berdasarkan tema liburan, tanggal, atau lokasi. Pengguna juga bisa menyeleksi berdasarkan warna, ukuran foto dan tipe gambar. Bahkan, lebih spesifik pada warna langit biru atau magenta. “Sekarang kami sudah mendekati impian tersebut, dengan menghadirkan seperangkat fitur baru untuk memaksimalkan memori 1.000 GB yang ditawarkan,” ujarnya.

Sedangkan, fitur Uploadrs mempermudah proses mengunggah sebanyak mungkin koleksi foto dari komputer, hard drive eksternal, iPhoto, sampaismartphone. Tersedia untuk versi Mac,Windows, dan smartphone. Khusus untuk ponsel, tiap foto yang baru diambil secara otomatis langsung diunggah ke Flickr.

Soal privacy, tenang saja. Sebab, yang diunggah langsung bersifat privatesampai pemilik mengonfirmasi kalau foto itu untuk umum. Fitur ketiga yakni,Camera Roll in the Cloud merupakan cara berselancar dalam ribuan foto maupun video dengan tampilan antarmuka terbaru.

Fitur Magic View diklaim mampu mengatur koleksi foto pengguna secara otomatis ke dalam 60 kategori. Mulai dari pemandangan, hewan, sampai hitam putih. Pengguna juga dapat menelurusi fitur Camera Roll berdasarkan tanggal.(dim/dio)