Aswan Jabat Plt Sekwan

Bengkulu Selatan
PIMPIN: Bupati Bengkulu Selatan saat melantik dan mengukuhkan pejabat pejabat eselon 2 dan 3 di gedung reptaloka Sekretariat Pemda BS, Kamis (5/1).

Bupati Mutasi 195 Pejabat Eselon 2 dan 3
KOTA MANNA, BE – Bupati Bengkulu Selatan (BS), H Dirwan Mahmud SH akhirnya menepati janjinya menggelar mutasi pejabat. Kemarin (5/1), sekitar pukul 11.00 WIB, Dirwan mutasikan 195 orang pejabat eselon 2 dan 3.

Dari jumlah tersebut, ada pejabat yang dikukuhkan, ada yang digeser, ada yang promosi bahkan ada yang nonjob.

Dalam kesempatan itu, Bupati membuktikan ucapannnya mengganti Sekretaris DPRD (Sekwan) Bengkulu Selatan. Sekwan sebelumnya Herman Sunarya SH MM dimutasi menjadi staf ahli Bupati Bidang Kemasyaratan dan Sumber Daya Manusia (SDM). Sedangkan jabatan yang ditinggalkannya dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt) Aswan SH yang saat mutasi kemarin dipercaya sebagai Kabag Perundang-Undangan dan Persidangan DPRD Bengkulu Selatan.

“Mengingat Sekwan sebelumnya sudah lama menjabat, maka saya tarik ke Sekretariat Pemda, sehingga posisi Sekwan dijabat Plt oleh Aswan,” kata Dirwan.

Selain itu juga dalam mutasi kemarin, ada pejabat yang nonjob diantaranya Kepala Dinas kehutanan dan ESDM, Iksan Wardhani SH MPd MH yang diletakan sebagai fungsional umum di Setda Bengkulu Selatan. Hal itu lantaran Dinas Kehutanan dan ESDM BS dihapuskan. Selain itu, pejabat Eselon 2 yang juga jadi fungsional umum Setda yakni Ir Mardiansyah. Sedangkan jabatan yang ditinggalkannya yakni Asisten 2 dijabat olehH Darmin SE yang sebelumnya sebagai Asisten 3. Darmin juga diberi tugas tambahan sebagai Plt Sekkab Bengkulu Selatan.

Sedangkan jabatan Asisten 3 dijabat oleh Novman Ahmad Ali SE yang sebelumnya sebagai staf ahli Bupati bidang Pemerintahan. Selain itu, Ir Depti Burhani yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) menjadi fungsional umum Setda. Jabatan yang ditinggalkannya diisi Iskandar AZ yang sebelumnya menjabat Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB. Kemudian BPPKB dihapuskan diganti dengan Badan PPTP dan PA yang dipercayakan kepada Novian Andusti SE MT yang sebelumnya menjabat sebagai staf ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan.

Bengkulu Selatan
Daftar Pejabat Yang Dimutasi

Kemudian pejabat eselon 2 lainnya yang menjadi fungsional umum Ir Trisman MSi yang sebelumnya sebagai Kepala BP4K. Hal ini disebabkan BP4K dihapuskan (Daftar Mutasi pejabat eselon dua dan sebagian eselon 3 Terlampir).

“Dalam mutasi tentu ada yang pro dan kontra, namun saya minta jika tidak mendapat jabatan dalam mutasi ini, bukan berarti neraka bagi pejabat itu, dan bukan juga berarti karirnya habis, saya minta tetap sabar, sebab masih ada 10 jabatan eselon 2 lainnya yang masih kosong, sehingga nanti silahkan ikuti lelang jabatan tersebut,” ujar Dirwan.

Dijelaskan Dirwan, pejabat eselon 2 dan 3 yang baru harus menjalankan amanah yang diembannya dengan baik. Sehingga jika tidak bisa bekerja maksimal, maka dirinya dapat mengevaluasi pejabat tersebut.

“Pejabat yang sudah saya beri amanah jangan berbangga dulu, jika tidak mampu bekerja maksimal, bisa saja satu minggu ke depan atau satu bulan ke depan saya ganti,” ancamnya.

Terhadap jabatan eselon dua yang saat ini dijabat Plt, seperti Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip yang dijabat Hj Sri Gusti Sabana SH, Kepala Dinas Penanaman Modal dan KPTSP dijabat Plt oleh Drs Samsu Hardi MSi, Kepala Dinas Kesbangpol dijabat Siswanto SSos MSi. Begitu juga dengan SKPD baru lainnya juga dijabat Plt. Oleh karena itu, Bupati menegaskan untuk mengisi jabatan yang masih dijabat Plt tersebut dengan pejabat definitif, maka dirinya memastikan satu bulan ke depan sudah dilakukan lelang jabatan. “Jabatan eselon 2 yang masih dijabat Plt, akan dilelang, silahkan nanti pejabat berkompetensi untuk mendudukinya,” tandas Dirwan. (369)