Asuransi Usaha Tani Masih Minim Peminat

TAIS, bengkuluekspress.com – Sekalipun mendapatkan subsidi dari pemerintah, namun peminat Asuransi Usaha Tani (AUT) di Kabupaten Seluma masih minim.  Pasalnya di tahun lalu hanya 200 hektar saja sawah petani yang sudah di asuransikan dari luas sawah 9300 Hektar.

“Petani hanya bayar 36 ribu permasa tanam saja dan 144 ribu sudah di tangung oleh pemerintah,” tegas Plt Kepala Dinas Pertanian Seluma Arian Sosial MSI melalui Kabid Pertanian Joko Voliantoro SP MSi kepada wartawan.

Disampaikan, jika program AUT ini sendiri dilakukan di saat akan masa tanam dilakukan. Dengan ikut program ini maka sewaktu waktu terkena musibah ataupun gagal panen akibat bencana alam atau hama maka petani tidak terlalu di rugikan dan tetap masih mendapatkan keuntungan. Serta petanipun tidak dirugikan.

“Sosialisasi tetap kita lakukan untuk mengajak petani untuk ikut mengasuransikan lahan persawahannya agar tidak terkena dampak secara langsung,” ujarnya.

Disampaikan, untuk saat ini masyarakat yang di kawasan inten terkena hama wereng sudah mulai melirik akan asuransi ini. Seperti di kawasan sentral pertanian di Talo Lubuk Gio, Sido Mulyo, Sukarami,Padang Merbau, Air Latak dan Padang Genting. Kembang Mumpo, durian bubur Muara Danau Lubuk Gio dan Kembang Seri sudah mulai memberikan asuransi pada persawahan mereka.

“Bertahap di kawasan sentral ini sudah mulai mengasuransikan sawah mereka,” bebernya.

Dijelaskan, jika saat ini luas persawahan di kabupaten Seluma seluas 9300 Hektar namun yang sudah mengasuransikan tercatat baru 200 hektar. Sehingga tugas dari dinas pertanian lah harus intens melakukan sosialisasi program ini.

“Mudah mudahan setiap masa tanam ini luas persawahan bertambah dan bisa diterima di tengah petani,” pungkasnya. (jef)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*