Astronom Temukan Galaksi “Kacang Hijau”

HAWAI–Para astronom Gemini Observatory menemukan objek paling langka di alam semesta. Obyek tersebut merupakan galaksi baru dengan lubang hitam berwarna hijau ditengahnya.  karena hijau, maka galaxy tersebut diberi nama “green bean” atau “kacang hijau”.

Diperkirakan, galaksi baru dan objek langka itu berada dalam sebuah wilayah menyerupai kubus dengan sisi berukuran 1,3 miliar tahun cahaya.

Kebanyakan galaksi memiliki lubang hitam yang menghisap materi pada inti mereka. Namun, temuan baru ini menunjukkan sebuah galaksi  memiliki lubang hitam kurang aktif yang mengeluarkan gas terionisasi berwarna hijau.

Para astronom berpikir warna tersebut merupakan sinyal pembentukan bintang. Bagi Observatorium Gemini, pencarian kluster galaksi yang menggunakan teleskop mereka di Chile dan Hawai, galaksi serupa sangat jarang ditemukan. Dari ratusan miliar galaksi di alam semesta para ilmuwan hanya menemukan 16 varietas “kacang hijau”.

“Ini galaksi kelas baru seperti mimpi yang jadi kenyataan,” ujar salah seorang astronom seperti dilansir BBC. Umumnya,  galaksi memiliki lubang hitam yang masif pad intinya. (Esy/jpnn)