Astaga, Planet Ini Terbuat dari Berlian

Tim gabungan peneliti Amerika-Prancis menemukan sebuah planet yang terbuat dari berlian. Ini bukan mengada-ada, sebagian besar susunan materi planet yang diberi nama ’55 Cancri e’ itu terdiri dari berlian.

Ketua tim peneliti dari Yale University, Nikku Madhusudhan, mengatakan, ’55 Cancri e’ berukuran dua kali lebih besar dengan massa delapan kali lipat dari Bumi. Planet itu terletak di konstelasi Cancer, sekitar 40 juta tahun cahaya dari Bumi.

Para astronom sejatinya telah mendeteksi planet ini sejak tahun lalu. Pendeteksian itu kemudian dilanjutkan dengan observasi oleh tim peneliti terhadap radius dan massa planet untuk menentukan sususan kimianya.

“Permukaan planet itu lebih mungkin berupa grafit dan berlian daripada berupa air dan granit,” kata Madhusudhan seperti dilansir¬†AFP, Jumat (12/10).

Lebih lanjut, ’55 Cancri e’ bergerak mengelilingi sebuah bintang yang disebut ’55 Cancri’. Jarak antara keduanya relatif dekat sehingga satu kali revolusi (satu tahun) hanya membutuhkan waktu 18 jam. Akibat jaraknya yang relatif dekat dengan bintangnya, suhu ’55 Cancri e’ sangat panas. Temperatur diperkirakan mencapai rata-rata dua ribu derajat celcius.(ROL)