Asset Capai Rp 1,2 M

upkdPengelola Keuangan Desa (UPKD) Karya Utama di Desa Air muring Kecamatan Putri Hijau dinilai positif sebagai salah satu lembaga penyedia modal untuk usaha ekonomi produktif warga. Masyarakat dapat memanfaatkan kemudahan proses pinjam modal, yang selanjutnya dapat mendukung usaha-usaha kecil yang dikembangkan oleh warga. “UPKD ini didirikan tahun 2004 lalu dan memiliki aset senilai Rp 1,2 miliar,” terang Kades Air Muring, Sugiharjo melalui Sekdes Eko Sugiono.
Mengingat betapa penting arti fungsi keberadaan salah satu lembaga ekonomi yang ada di desanya ini, pemerintah desa sesuai kapasitasnya mendukung penuh perkembangan UPKD. “Awalnya kemampuan memberikan pinjaman hanya berkisar Rp 1 juta berasal dari Proyek BRDP ini, sekarang sudah bisa memberikan pinjaman modal hingga Rp 10 juta ,” lanjut Sekdes.
Sekitar 100 nasabah aktif UPKD sangat bergantung dan merasakan manfaat bermitra usaha melalui UPKD. Selain manfaat yang diberikan UPKD, dalam perkembangannya telah mampu membangun gedung kantor sendiri dengan aset bangunan kurang lebih senilai Rp 75 juta di atas tanah yang dihibahkan oleh desa. (919).