ASN Harus Jadi Panutan Taat Pajak

ARY/Bengkulu EkspressWakil Bupati Rejang Lebong H Iqbal Bastari saat melakukan pembayaran pajak dalam kegiatan bulan panutan pajak Kamis (25/4) kemarin. Dalam kesempatan tersebut Wabup meminta ASN untuk menjadi panutan dalam pembayaran pajak.

CURUP, Bengkulu Ekspress– Wakil Bupati Rejang Lebong, H Iqbal Bastari SPd MM meminta kepada ASN di Kabupaten Rejang Lebong untuk menjadi panutan masyarakat dalam membayar pajak. Hal tersebut disampaikannya usai membuka kegiatan bulan panutan pajak PPB-P2 di ruang Pola Pemkab Rejang Lebong, Kamis (25/4) kemarin. “Saya harap ASN bisa menjadi panutan masyarakat dalam pembayaran pajak di Kabupaten Rejang Lebong ini,” sampai Wabup.

Menurut Wabup, ASN harus menjadi panutan karena menurutnya sebagian besar ASN yang ada di Rejang Lebong baik dari wawasan, kapasitas dan strata sosialnya lebih baik dari sebagian masyarakat Rejang Lebong. Sehingga menurutnya ASN harus menjadi cerminan atau panutan bagi masyarakat lainnya.

“ASN harus menjadi panutan atau cerminan yang baik, karena bila cerminnya saja retak atau pecah meskipun wajahnya cantik dan ganteng maka bisa terlihat jelek,” sampai Wabup.

Sementara itu, terkait dengan kendala dalam pembayaran pajak sendiri, Wabup mengaku masih banyak ditemukan kendala dilapangan, salah satunya terkait dengan tidak sesuainya nilai pajak dengan objek pajak yang ada, ia misalnya ada rumah yang besar dan luas nilai pajaknya lebih kecil dari rumah yang ukuran kecil dan sederhana. Oleh karena itu, menurut Wabup saat Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong tengah melakukan pendataan dan penertiban wajib pajak yang ada di Kabupaten Rejang Lebong sehingga pajak yang dibayarkan sesuai dengan objek pajak yang ada.

Sementara itu, dalam kegiatan bulan panutan pajak yang diselenggarakan Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Rejang Lebong tersebut. Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong memberikan penghargaan kepada desa, kelurahan dan OPD yang meraih PBB-P2 dan PAD terbaik di Kabupaten Rejang Lebong pada tahun 2018 lalu.

Plt Kepala BPKD Rejang Lebong, Zulkarnain melalui Kepala Bidang Penagihan dan Pendapatan, Hari Mulyawan SE menjelaskan desa yang mendapatkan reward atas capaian penerimaan PBB ditahun 2018 lalu dengan terbaik pertama adalah Desa Mojorejo Kecamatan Selupu Rejang, kemudian terbaik kedua adalah Desa Tanjung Gelang Kecamatan Kota Padang dan terbaik ketiga Desa Sindang Jati Kecamatan Sindang Kelingi.

Kemudian untuk kategori kelurahan, terbaik pertama adalah Kelurahan Pasar Baru Kecamatan Kecamatan Curup, kemudian terbaik kedua Kelurahan Pasar Tengah Kecamatan Curup dan terbaik ketiga Kelurahan Timbul Rejo Kecamatan Curup Tengah.

Sementara itu untuk kategori OPD terbaik dalam menghimpun PAD, terbaik pertama adalah BPKD, terbaik kedua Dinas PUPRPKP dan terbaik ketiga adalah Dinas Kominfo.”Dengan adanya reward yang kami berikan ini, kami berharap bisa memotivasi yang lainnya untuk lebih baik lagi kedepannya,” harap Hari.

Terkait dengan target PBB P2 di di Kabupaten Rejang Lebong pada tahun 2019 ini, Hari mengaku tidak mengalami kenaikan dibandingkan dengan tahun 2018 lalu yaitu masih diangka Rp 2,4 miliar sedangkan untuk target PAD sendiri sebesar Rp 99 miliar atau naik sebesar Rp 6 miliar dari target tahun 2018 lalu.

Disisi lain, untuk memberikan panutan kepada ASN dan masyarakat Rejang Lebong, dalam kegiatan bulan panutan pajak kemarin, Wakil Bupati Rejang Lebong H Iqbal Bastari SPd MM langsung melakukan pembayaran pajak dan diikuti oleh sejumlah pejabat lain yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.(251)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*