ASN Diminta Tingkatkan Profesionalitas Pelayanan

Foto : IST ASN

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Walikota Helmi Hasan menekan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk meningkatkan pelayanan secara profesional kepada masyarakat. Hal ini disampaikannya saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) managemen pelayanan publik di Hotel Raffles City, kemarin (16/10). “Sebagai ASN harus mengoptimalkan pelayanan kita terhadap masyarakat dan kita harus menggunakan teknologi ke hal-hal yang baik,” kata Helmi Hasan.

Menurutnya, sistem pelayanan yang baik saat ini juga harus diimbangi dengan kemajuan teknologi, terutama dalam memudahkan penyampaian informasi dan sarana dalam menciptakan program-program kerja. Selain itu, ia juga menginggatkan dalam penggunaan Media Sosial (Medsos) sebagai sarana untuk memviralkan pekerjaan-pekerjaan positif dari Pemerintah kota. Sehingga, menciptakan kemanfaatan dan kebaikan bagi masyarakat.



“Contohnya program Gerakan Peduli Siswa (GPS) yang disebarluaskan melalui media agar seluruh warga masyarakat Bengkulu tahu bahwa pemkot juga memiliki tanggungjawab terhadap siswa yang kurang mampu untuk membayar biaya sekolahnya,” ungkapnya.

Pekerjaan yang dilakukan ASN tidak harus terpatok dengan tugas harian yang ada, melainkan juga bisa memberikan pelayanan lebih sesuai dengan keluhan atau kebutuhan masyarakat minimal dilingkungan tempat tinggal masing-masing, seperti mengantarkan warga yang sakit, anak putus sekolah dan lainnya, sehingga peran ASN dalam melayani masyarakat tidak terputus sebatas kantor saja.

“Ketika amanah diberikan maka sudah seharusnya pemkot melahirkan program-program yang dapat megoptimalkan pelayanan kita sebagai ASN terhadap masyarakat,” jelas Helmi.

Untuk diketahui, kegiatan bimtek ini diikuti 50 peserta dari perwakilam OPD yang bersentuhan langsung dengan pelayanan publik. Dan dalam kesempatan itu, disampaikan Plt Kepala (BKPP) Kota Bengkulu, Ali Martono agar setiap ASN bisa mendapatkan pencerahan tentang perannya sebagai ASN.

Dan meminta agar para peserta ini dapat mengkonsolidasikan kepada rekan dan pimpinan di OPDnya masing-masing untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Saya harap ini jangan berakhir disini saja, harus di sampaikan juga kepada kepala dinas dan kepala bidang serta teman-teman dikantor agar semuanya dapat memahami perannya sebagai ASN,” imbuh Ali. (805)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*