ASN Berkompeten Diminta Ikut Seleksi Camat

DOK/Bengkulu Ekspress
Wakil Walikota Bengkulu, Dedy Wahyudi diwawancarai awak media.

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kota Bengkulu pada pertengahan Januari 2019 ini akan melakukan seleksi Camat dan Lurah. Wakil Walikota Bengkulu, Dedy Wahyudi SE MM mengimbau agar seluruh ASN lingkungan Pemkot Bengkulu yang memiliki kompetensi, kemampuan, cukup kepangkatan dan memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi jabatan Camat dan Lurah tersebut. Hal tersebut bertujuan agar terpilihnya Camat dan Lurah yang benar-benar mengayomi masyarakat.

“ASN yang berkompeten dan cukup kepangkatan hendaknya ikut seleksi jabatan Camat dan Lurah,” jelas Wawali, kemarin (10/1).

Tentunya ada alasan dari Pemkot Bengkulu kenapa membuka seleksi jabatan Camat dan Lurah. Yakni karena selama ini Pemkot menilai beberapa pekerjaan Lurah yang berjumlah 67 orang dan Camat sebanyak 9 orang tidak maksimal. Tidak maksimalnya pekerjaan tersebut karena banyak Camat yang tidak tinggal di wilayah yang dipimpinnya. Sehingga saat terjadi peristiwa di tengah masyarakat, Camat lambat mendapat informasi. Yang lebih tidak bagus lagi tentunya beberapa Lurah dan Camat kurang bersosialisasi kepada masyarakat di wilayahnya.

“Beberapa Camat dan Lurah dinilai tidak maksimal kinerjannya. Siapa tahu dengan adanya seleksi jabatan ini kinerja Camat dan Lurah lebih bagus dan lebih mengayomi masyarakat,” imbuh Wawali.

Sejauh ini, Pemerintah Kota Bengkulu hanya tinggal mengumumkan jadwal resmi pendaftaran yang dirancang pekan depan. Untuk lama waktu pelaksanaan seleksi jabatan camat dan lurah diperkirakan selama 2 minggu. Saat pelaksanaan seleksi nanti, Pemkot akan melibatkan masyarakat untuk memberikan penilaian langsung. Bahkan, Pemkot berencana bakal mengadakan debat terbuka antar calon Camat dan Lurah.(167)