Aset Desa Dijadikan Sarana Olahraga

Aset Desa Dijadikan Sarana Olahraga

LEBONG, Bengkulu Ekspress– Pemerintah Desa (Pemdes) Talang Donok 1 Kecamatan Topos Kabupaten Lebong, manfaatkan tanah yang merupakan aset desa untuk dijadikan sarana olahraga, untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes). Kepala Desa talang Donok 1, Faisal Arosi mengatakan, bahwa selama ini desa yang saat ini dipimpinnya memiliki aset berupa tanah yang cukup datar yang sangat cocok untuk dijadikan sarana olahraga, seperti lapangan sepak bola.

“Selama ini tanah tersebut tidak dimanfaatkan dengan baik, sehingga banyak ditumbuhi semak belukar,” jelasnya, kemarin (13/01)

Melihat potensi tersebut, pihaknya telah memasukan pemanfaatan lahan tersebut kedalam Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPD) Talang Donok 1. Dimana di tahun 2019 ini, pihaknya telah memulai melaksanakan pembersihan tanah tersebut untuk dijadikan lapangan sepak bola.

“Kita sudah memulainya dengan membersihkan semak belukar dan kemiringan tanah mulai dilakukan pendataran serta penyemenan kanan kiri tanah,” sampainya.

Setelah lahan telah selesai dibuat menjadi lapangan, selanjutnya akan dijadikan lapangan kecamatan yang nantinya bisa dibuat untuk kegiatan even-even kegiatan desa yang ada di Kecamatan Topos.“Jadi ketika ada kegiatan perlombaan atau kegiatan lain, lapangan bisa dijadikan tempat pelaksanaan,” ucapnya. Sementara jika ada kegiatan seperti adanya pasar malam atau kegiatan lainnya di luar dari kegiatan pemerintahan, nanti bisa dilakukan pemungutan sewa untuk menambah PADes Talang Donok 1.

“Namun untuk mekanisme pemungutan PADes, kami belum tahu mekanismenya dan masih akan dipelajari lebih lanjut,” tuturnya. Selain pemanfaatan tanah untuk dijadikan lapangan olahraga, pihaknya juga terus berupaya untuk memanfaatkan apa yang bisa menghasilkan PADes dan dijadikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), seperti pemanfaatan sumber mata air. “Kita miliki sumber mata air, tetapi hal tersebut masih kita pelajari termasuk potensi yang lainnya,” tutup Kades.(614)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*