Arus Lalin Mulai Meningkat

=foto: Gunawan Firmansyah=

CURUP, Bengkulu Ekspress – Menjelang lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah tahun 2019 ini. Dinas Perhubungan Kabupaten Rejang Lebong mulai mencatat adanya peningkatan arus lalulintas (Lalin) di Kabupaten Rejang Lebong. Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Rejang Lebong, Gunawan Firmansyah SSos mengungkapkan peningkatan arus lalu lintas tersebut terutama pada mode transportasi umum yaitu transportasi seperti bus Antar Kota Antar Provinsi yang melintas di Kabupaten Rejang Lebong.

“Dari pengamatan kita dilapangan, saat ini sudah mulai adanya peningkatan arus lalu lintas khususnya transportasi umum seperti bus yang melintas di Kabupaten Rejang Lebong,” sampai Gunawan.

Peningkatan yang mereka catat tersebut, menurut Gunawan terutama bagi bus yang melintas di terminal Simpang Nangka Kecamatan Selupu Rejang. Namun menurut Gunawan, meskipun ada peningkatan arus lalu lintas, namun kondisi tersebut masih terbilang lancar.”Meskipun ada peningkatan, namun peningkatan yang terjadi masih lancar,” papar Gunawan.

Dijelaskan Gunawan, bus-bus yang melintas dan masuk di terminal Simpang Nangka tersebut adalah bus-bus dari beberapa perusahaan otobus yang selama ini beroperasi dengan melintasi Kabupaten Rejang Lebong. Bus-bus tersebut merupakan bus antar kota antar provinsi dengan tujuan baik pulau Jawa maupun pulau Sumatera.

“Peningkatan penggunaan bus ini memang sudah terjadi sejak beberapa bulan lalu, terutama sejak harga tiket pesawat mengalami kenaikan, namun menjelang lebaran ini semakin meningkat lagi,” sampainya.

Sementara itu, terkait kondisi jalan yang digunakan untuk arus mudik selama lebaran, kata Gunawan, untuk jalan dari kawasan Tempel Rejo menuju Lubuklinggau kondisi jalanya sudah banyak yang mulus. Hanya saja, memang ada beberapa titik kondisi jalan yang masih berlobang.

Sebagin jalan yang masih berlobang tersebut adalah jalan yang masih dalam proses perbaikan oleh pemenang tender. Dimana mereka sudah melakukan tahap perbaikan yaitu dengan mengambil aspal yang rusak, namun belum mereka tutup kembali. Ia berharap perbaikan jalan khususnya jalan yang digunakan untuk arus mudik bisa selesai sebelum lebaran ini.

“Kami berharap jalan-jalan yang saat ini masih berlubang karena adanya perbaikan bisa segera ditutupi, sehingga saat arus mudik maupun saat lebaran nanti pengendara bisa melintas dengan nyaman di Kabupaten Rejang Lebong,” harap Gunawan. (251)