Arus Balik Lancar

IRUL/Bengkulu EkspressARUS BALIK: Kondisi puncak arus di Jalinbar kabupaten Kaur tampak berjalan lancar, Senin (10/6).

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress– Arus balik kendaraan di jalan lintas barat (Jalinbar) Kabupaten Kaur, hingga H+6 lebaran, Senin (10/6), dinilai lancar dan aman. Hingga kemarin, hanya terpantau sejumlah kendaraan pemudik dari arah Lampung menuju Kota Bengkulu.

“Untuk arus mudik kendaraaan berjalan lancar, yang macet itu paling jalan-jalan tempat wisata, dan juga ini orang banyak masuk kantor,” kata Kapolres Kaur, AKBP Arief Hidayat SIK melalui Kasat Lantas Polres Kaur IPTU Robert Mashar, kemarin (10/6).

Dikatakannya, Jalinbar di Kabupaten Kaur merupakan jalan yang menghubungkan Provinsi Bengkulu dengan Provinsi Lampung. Meskipun terjadi peningkatan jumlah kendaraan saat musim mudik lebaran di Jalinbar di daerah itu namun tidak sampai terjadi kemacetan. “Kendaraan yang melintas dari arah Bengkulu maupun dari Lampung berjalan lancar,” ujarnya.

Dikatakannya, sejak beberapa hari pasca lebran Jalinbar di Kaur tidak ada terjadi kejadian kecelakaan pada arus balik yang menyebabkan meningal dunia. Kendaraan yang mendominasi arus balik ini dengan plat Jakarta dan Lampung. Diperkirakan saat puncak arus balik jumlah kendaraan mencapai 30 unit per lima menit.“Kebanyaakan pengendara roda dua, dan mereka memilih konvoi walaupun bukan dari daerah yang sama atau satu tujuan,” ujarnya.

Ditambahkan Kasat, pihaknya mengakui jika H-1 hingga H-3 lebaran kemarin kemarin jumlah arus balik ramai. Pihaknya terus melakukan pemantaun kondisi di jalan raya. Guna untuk memastikan tidak ada kejadian atau halangan yang fatal dihadapi oleh masyarakat yang lebaran pulang kapung.

“Alhamdulillah semuanya kondusif. Sampai saat tidak ada kejadian yang menggangu perjalan masyarakat yang balik. Saya berharap semoga saja kondisi ini berjalan selamanya,” harapnya.(618)