Arrum Haji Jalan Emas ke Baitullah


Bengkulu, bengkuluekspress.com – PT Pegadaian (Persero) area Jambi Bengkulu menggelar talkshow Arrum Haji di Hotel Grage Horizon Kota Bengkulu, Selasa (17/9/19). Dengan mengusung tema ‘Jalan Emas Menuju Baitullah’ acara diikuti ratusan jamaah calon haji dari berbagai daerah di Provinsi Bengkulu dengan menghadirkan pembicara K H Muhammad Cholil Nafis, Ketua Komisi Dakwah MUI dan Dewan Pengawas Syariah PT Pegadaian. Dalam kesempatan itu jamaah diberi pengetahuan tentang manfaat dan keuntungan dari Arrum Haji.

Vice President Business PT Pegadaian Persero, Hendra Hermawanto mengatakan, PT Pegadaian memang menawarkan kemudahan kepada masyarakat untuk melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci. Cukup dengan menggadaikan emas 3,5 gram, atau setara dengan uang sebesar Rp 2 juta, masyarakat sudah bisa mendapatkan pembiayaan sebesar Rp 25 juta untuk memperoleh nomor porsi ibadah haji serta bisa mendaftar ibadah haji di Kantor Kementerian Agama yang kemudian pembayarannya dapat diangsur dalam waktu 1 hingga 5 tahun.

“Produk Arrum Haji PT Pegadaian akan sangat membantu masyarakat untuk merencanakan keberangkatan haji dengan biaya ringan yang bisa diangsur. Karena dalam produk ini terselip prinsip yassiru walaa tu’assiruu (permudahlah dan jangan mempersulit), serta memiliki nilai ta’awwun (saling menolong) yang sangat menonjol,” kata Hendra

Oleh karena itu, Ia mengajak seluruh masyarakat yang ada di Bengkulu untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, karena program ini merupakan program pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian BUMN, karena PT Pegadaian (Persero) adalah salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Sementara itu, Ketua Komisi Dakwah MUI, M Cholil Nafis PhD mengatakan, acuan yang digunakan oleh PT Pegadaian pada produk Arrum Haji merujuk kepada fatwa Dewan Syariah Nasional MUI Nomor 92 tahun 2014 tentang pembiayaan yang disertai rahn (gadai).

“MUI memastikan dari aspek hukum atau regulasi, Arrum Haji telah dinyatakan sah dan halal, dan memberikan solusi sebagai cara termudah, untuk segera menunaikan ibadah haji,” kata Cholil.

Ia juga mengapresiasi atas hadirnya program Arrum Haji Pegadaian, karena memberikan kemudahan yang luar biasa kepada seluruh masyarakat hingga ke pelosok desa. Sehingga yang berniat menunaikan ibadah haji cukup datang ke pegadaian yang ada di Bengkulu.

“Saat ini dengan hadirnya Arrum Haji, haji tidak lagi sebagai sesuatu yang mahal, sulit, dan tidak terjangkau. Saya harapkan kepada para peserta yang telah hadir, untuk kembali mensosialisasikan program ini kepada keluarga, sahabat, dan tetangga, sehingga kita dapat pahala, dan haji juga dapat,” ujarnya.

Sementara itu, Perwakilan Pegadaian Pusat, Tri Anggoro mengatakan, Pegadaian hadir di Indonesia sejak tahun 1746, dan disyahkan pada tahun 1901, sehingga genap 118 tahun Pegadaian hadir dan mengabdi untuk negeri. Pegadaian adalah BUMN yang ikut membantu program pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat golongan menengah.

“Pegadaian sudah lama berdiri di Indonesia sehingga produk Arrum Haji sangat aman karena 100 persen perusahaan ini adalah milik Pemerintah,” tegasnya.Ia menjelaskan, syarat untuk mendaftar Arrum Haji cukup mudah, yaitu dengan gadai emas 3,5 gram di Pegadaian, dan langsung mendapat porsi haji, dengan angsuran perbulan mulai Rp. 669.500. (Imn)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*