Armansayah-Masropen Wajib Serahkan 5.634 Dukungan

ERICK/BE
PLENO : KPU Kabupaten Lebong ketika melaksanakan pleno dukungan calon perseorangan Armansyah-Masropen.

LEBONG, Bengkuluekspress.com – Bacalon Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Lebong, Armansyah Mursalin dan Masropen Iriadi harus menyiapkan dukungan sebanyak 5.634 (Kekurangan di kali 2).

Kekurangan dukungan sebanyak Hasil pleno rekapitulasi hasil verifikasi faktual (Verfak) terhadap dukungan yang dilakukan oleh pihak Panita Pemungutan Suara (PPS) didapat dari total 6.606 dukungan yang di verfak.

sebanyak 4.906 dukungan dinyatakan memenuhi syarat (MS) dan sisanya sebanyak 1.700 dukungan dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KPU Lebong, Yoki Setiawan SSos mengatakan, pihaknya telah melaksankan rapat pleno tingkat KPU Lebong dan dinyatakan total yang kurang untuk memenuhi syarat calon perseorangan dari bacalon Armansayah Mursalin dan Masropen Iriadi sebanyak 2.817 dukungan.

“Namun jumlah dari kekurangan harus ditambah sebanyak 2 kali lipat sehingga bacalon harus menyerahkan sebanyak 5.634 dukungan,” sampainya, Selasa (21/07).

Menurut Yoki, untuk penyerahan dukungan perbaikan ke KPU Lebong hanya selama 3 hari, yaitu pada 25-27 Juli.

Hal tersebut sesuai dengan Paraturan Komisi Pemelihan Umum (PKPU) nomor 5 tahun 2020 tentang penyerahan syarat dukungan perbaikan.

“Nantinya kekurangan dukungan yang diserahkan kembali akan dilakukan verifikasi administrasi dan verfak,” ucapnya.

Terpisah, Laison Offiser (LO) pasangan bacalon Armansyah-Masropen, Redhal Fadhli menjelaskan, untuk memenuhi kekurangan yang harus dipenuhi dalam perbaikan dukungan mendatang, pihaknya tidak akan menyerahkan sebanyak 5.634 dukungan.

“Namun kami telah menyiapkan lebih banyak dari itu dengan jumlah dukungan sebanyak 12 ribu danbahkan bisa saja lebih,” tegasnya.

Ia menegaskan, dari jumlah dukungan yang telah disiapkan, pihaknya akan segera menginput kedalam Sistem Informasi Pencalonan (SILON) setelah sudah online.

Sementara untuk fisiknya akan diserahkan ke KPU Lebong pada tanggal 25 Juli.

“Dengan jumlah kekurangan yang harus dipenuhi sementara kami menyiapkan lebih dari itu, maka kami optimis bisa lolos,” tutupnya. (614)