Arkeolog Polandia Temukan Kuburan Vampir

WARSAWA — Sejumlah arkeolog Polandia mengklaim telah menemukan makam “vampir” pada sebuah bekas konstruksi situs di selatan negara itu.

Penemuan mengerikan itu terjadi di Gliwice, sebuah kota dekat perbatasan Republik Ceko yang mencakup empat kerangka dalam kondisi dipenggal dengan kepala ditempatkan pada kaki.

Para arkeolog mengatakan anatomi penataan aneh ini merupakan indikasi ritual eksekusi kuno yang dirancang untuk memastikan orang mati agar tidak kembali ke kehidupannya.

Laman Independent menyebutkan  masyarakat Slavia selama ini mengadakan ritual atas mereka yang dituduh vampir dengan dipenggal atau digantung dari tiang gantungan sampai putus.

“Kerangka yang ditemukan tanpa perhiasan dan gesper ikat pinggang. Sangat sulit mengatakan kapan penguburan ini dilakukan,” kata Dr Jacek Pierzak, salah satu arkeolog.

Sisa-sisa kerangka telah dikirim untuk pengujian lebih lanjut, tetapi perkiraan awal menunjukkan mereka meninggal sekitar abad ke-16.

Sementara itu, Kepala Museum Nasional Bulgaria Bozidhar Dimitrov, mengatakan sebanyak 100 “mayat vampir” telah ditemukan di wilayah ini dalam beberapa tahun terakhir. “Mereka menggambarkan sebuah praktik yang umum di beberapa desa Bulgaria sampai dekade pertama abad ke-20,” jelasnya. (esy/jpnn)