April, E-Absensi Diterapkan

TERAPKAN : Lebong segera akan menerapkan E-Absensi yang akan langsung terkoneksi melalui jaringan internet.

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong segera menerapkan E-Absensi yang nantinya akan terintegritas dengan 2 aplikasi (E-Kinerja dan E-Tukin) pada awal bulan April mendatang.

E-Absensi merupakan salah satu cara Pemkab Lebong untuk melihat keaktifan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN).Selain itu, juga dapat menciptakan efisiensi anggaran di lingkup Pemkab Lebong, terutama untuk masalah pembayaran Tunjangan Kinerja (Tukin).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Diskominfo-SP Kabupaten Lebong, Donni Swabuana ST MSi melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Informasi dan Saluran Komunikasi Publik, Warles Fery SE MAk mengatakan, bahwa untuk penerapan ke-3 aplikasi tersebut saat ini masih sebatas proses tender untuk pengadaan softwere.

“Saat ini masih dalam proses tender di Unit Layanan Penagdaan (ULP),” jelasnya, kemarin (26/02).

Warles menerangkan, dengan laporan absensi dan kinerja yang telah ada akan langsung digabungkan dengan sistem e-tukin. Sehingga nantinya akan diketahui secara otomatis besaran tukin yang akan diberikan kepada para ASN sesuai dengan absensi dan kinerjanya.“Baik absensi maupun laporan kinerja, semuanya akan diketahui karena akan masuk kedalam sofwer,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berada di wilayah blank spot, seperti di Kecamatan Uram Jaya, Pinang Berlapis, Bingin Kuning dan Kecamatan Pinang Berlapis, nantinya akan dipasang alat manggo sky langsung terhubung ke satelit.

“Nanti untuk 4 kecamatan akan kita pasang jaringan internet di masing-masing kantor camat tersebut,” ujarnya.(614)