APPM Gelar Aksi Damai Nelayan Bengkulu

demoBengkulu, bengkuluekspress.com – Puluhan warga yang mengatasnamakan Aliansi Pemuda Peduli Maritim (APPM) menggelar aksi damai di Simpang Lima Ratu Samban Kota Bengkulu, Rabu (11/4/18) sekitar jam 10.00 WIB. Kegiatan tersebut juga bagian dari peringatan hari nelayan nasional pada 6 April lalu.

Aksi ini bertujuan mendukung Gubernur Bengkulu, agar segera menyelesaikan konflik antar nelayan trawl dan nelayan tradisional di Bengkulu.

Penanggung Jawab Aksi Efantri mengatakan, aksi tersebut sebagai bentuk dukungan perdamaian antara nelayan trawl dan tradisional yang sempat memanas. Mengingat dampak dari perselisihan tersebut membuat kebutuhan hasil laut untuk masyarakat Bengkulu menjadi berkurang.

“Kita mendukung dan berharap masalah perselisihan sesama nelayan ini segera diselesaikan pemerintah. Kasihan para nelayan yang tak bisa melaut. Kegiatan mencari ikan jadi terganggu karena disibukkan dengan urusan yang tak ada ujungnya. Dampaknya juga selain ke nelayan, juga masyarakat susah mencari ikan untuk kebutuhan sehari-hari,” terangnya saat diwawancarai bengkuluekspress.com saat aksi berlangsung.

Efantri menambahkan, terdapat 219.527 masyarakat nelayan trawl dan tradisional di Bengkulu yang menggantungkan hidup dari hasil tangkapan laut. Jika ribuan nelayan tersebut terus berselisih, bukan tidak mungkin ketersedian ikan laut di Bengkulu akan hilang dipasaran.

Aksi tersebut berlangsung aman dan kondusif. Terlihat puluhan anggota kepolisian turut mengamankan jalannya aksi. APPM juga melakukan aksi pelepasan ratusan bibit ikan di kolam Simpang Lima Ratu Samban sebagai lambang peringatan hari nelayan nasional dan sebagai wujud dukungan perdamaian antar nelayan Bengkulu. (Imn)