Aplikasi Mobile JKN Ramah bagi Pengguna Lansia

Curup, Jamkesnews – Aplikasi Mobile JKN adalah salah satu terobosan BPJS Kesehatan yang dapat diakses dengan mudah oleh seluruh lapisan usia penggunanya. Leli Nurdiana (60) merupakan salah satu peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang sudah merasakan kemudahan penggunaan aplikasi Mobile JKN.

Peserta JKN-KIS dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) ini berprofesi sebagai guru yang memasuki masa pensiun. Di usianya yang sudah memasuki 60 tahun, awalnya ia merasa malas untuk menggunakan aplikasi Mobile JKN ini karena ia pikir akan merepotkan.

“Tapi ternyata tidak. Hanya agak kesulitan sewaktu login pertama kali, tetapi ada anak saya yang membantu jadi tidak masalah lagi. Dari semua menu yang ada yang paling bermanfaat bagi saya yaitu fitur kartu elektroniknya. Jadi untuk ke depannya saya kalau mau berobat tidak perlu cari-cari kartu lagi. Semuanya sudah ada di handphone. Karena kalau kartu fisik bisa saja lupa diletakkan di mana, tapi kartu elektronik ini tidak mungkin hilang atau lupa dibawa. Karena sekarang handphone sudah merupakan barang wajib yang harus dibawa kemana saja. Jadi praktis sekali,” ujarnya, Jumat (30/04).

Leli juga sedikit menceritakan keunggulan dari aplikasi Mobile JKN ini. Iaya mengagumi banyak sekali fitur yang disediakan Mobile JKN.

“Ada menu pendaftaran juga, jadi kita tidak perlu lagi jauh-jauh ke kantor BPJS Kesehatan untuk mendaftar, dari rumah saja cukup. Ada juga menu aplikasi untuk mengganti Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempat kita berobat kalau merasa kurang cocok dengan yang sebelumnya, kita tinggal menggantinya melalui aplikasi ini saja. Nanti di awal bulan sudah bisa langsung berobat ke FKTP yang baru. Mantap sekali ya aplikasi ini. Benar-benar membantu pesertanya,” ujarnya. (RW/ds)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*