APKS PGRI Bengkulu Webinar Penulisan Soal US Bagi Guru

APKS PGRI Webinar Penulisan Soal US Bagi Guru

BENGKULU,BE – Asosiasi Profesi dan Keahlian Sejenis (APKS) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinsi Bengkulu, menggelar seminar tehnik penyusunan dan pengembangan soal Ujian Sekolah (US) secara virtual, Senin (25/1).

Kegiatannya dibuka Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Drs Eri Yulian Hidayat MPd. Dihadiri pula oleh Ketua PGRI Provinsi Dr Haryadi MSi dan diikuti ribuan guru provinsi Bengkulu dan guru dari berbagai provinsi lain, seperti Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Jambi, Jawa Tengah, Yogjakarta, Jawa Timur, Kalimantan hingga Papua.

Plt Kadis Disdikbud Provinsi Bengkulu Drs Eri Yulian Hidayat MPd dalam sambutannya menuturkan, sangat mengapresiasi organisasi profesi PGRI Bengkulu, yang telah menginisiasi webinar APKS dalam rangka penyusunan soal ujian sekolah guna peningkata mutu dan kualitas pendidikan di Bengkulu.

“Kerja keras dan itikad baik untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan sekaligus memotivasi para guru, walau dimasa pandemi tetap memberikan yang terbaik bagi peserta didik,” imbuhnya.

Ia juga mengapresiasi atas jalinan kerja sama para guru dari berbagai provinsi yang ikut andil. Kegiatan ini diharapkan memberikan sumbang sarana dalam perakitan soal tahun pelajaran 2020/2021, sehingga bisa mewujudkan soal-soal yang berbobot.

“Silahkan lakukan koordinasi penyusunan soal ujian sekolah dan nanti kita akan gelar ujian akhir sekolah. Soal ini mampu mengukur potensi peserta didik dalam standar kompetensi kelulusan dan bisa bersaing dengan pelajar dari luar,” katanya.

Sementara itu, Ketua PGRI Provinsi Bengkulu Dr Haryadi SPd MM MSi menuturkan, dimasa pandemi agar para guru tetap dapat berkarya dalam peningkatan mutu. Ia juga mempersilahkan APKS selaku bidang yang memberikan peningkatan kualitas tenaga pendidik untuk mengepakkan sayapnya menjadikan guru yang bermartabat, berprestasi tidak kalah dengan guru di provinsi lain.

“Saya bangga dengan guru di Bengkulu. Saya bangga dengan PGRI dan bangga menjadi mitra Disdikbud,” imbuhnya.

Disisi lain, Ketua APKS Asep Suparman SPi MPd menuturkan, webinar ini diikuti 1.600 guru yang telah mendaftar. Mereka akan diberikan sertifikat 32 jam mengajar bagi mereka yang mengikuti dengan tuntas dengan memenuhi persyaratan. Webinar ini diikuti pengurus APKS Kabupaten/kota, UPTD/Cabdin di 9 wilayah, Kadis Disdik kabupaten/kota, pengawas dan guru.

Alasan digelarnya webinar ini, dikarenakan dihapuskannya pelaksanaan Ujian Nasional, sehingga kelulusan ditentukN oleh sekolah masing-masing. Karena menyangkut kompetensi kelulusan,webinar ini mengkaji tehnis ujian sekolah yang sangat dibutuhkanoleh guru.

“Dan APKS PGRI memfasilitasi kebutuhan para guru, harapan kita melalui webinar ini akan memudahkan para guru dalam penyusunan, perakitan soal ujian sekolah nantinya,” tukasnya.

Webinar tersebut menghadirkan nara sumber yang telah memiliki prestasi ditingkat nasional. Mulai guru tingkat SD, SMP,SMA, SMK. Mereka adalah Drs Riva’I MPd (pengawas pembina SMA,Instrukrtur Nasional), Rahmad Ramelan MPd (pengawas pembina SMK, Pengawas berprestsi tingkat nasional), Desi Andriani MTPd (guru SD, Guru berprestasi nasional) dan Reevi Haryanto MPd (guru SMP berprestasi, duta rumah belajar). (247)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*