Apkasi: Bando Salah Satu Bupati Terbaik

Promosi IKUTT SILUNA di TV One

Bupati Kepahiang Drs H Bando Amin C Kader MM saat mengikuti acara talk show Coffe Break di TV One kemarin pagiKEPAHIANG, BE – Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) menilai Bupati Kepahiang Drs H Bando Amin C Kader MM sebagai salah satu bupati terbaik di Indonesia saat ini. Apresiasi ini dibuktikan dengan seringnya Bando diundang menjadi pembicara dalam berbagai acara yang digelar Apkasi. Seperti halnya dalam acara talk show televisi Coffee Break di TV One Selasa (5/2) pagi dengan tema Peran Apkasi dalam Otonomi Daerah.

Bahkan mantan Walikota Bontang yang juga ketua panitia sayembara karya tulis tentang otonomi daerah Apkasi dr H Andi Sofyan Hasdam SpS menjelaskan bahwa dari sekian banyak bupati di seluruh Indonesia, Bando adalah salah satu yang terbaik.

“Dari banyak Kabupaten yang saya kunjungi, Pak Bando adalah salah satu yang terbaik. Itu saya lihat dari pembangunan dan programnya untuk masyarakat,” ungkap Sofyan pada acara yang dipandu oleh Asti Mochtar dan Harsya Subandrio tersebut.

Dalam acara coffee break yang disiarkan langsung oleh TV One tersebut Bando menyampaikan jika Kabupaten Kepahiang merupakan kabupaten pemekaran hasil otonomi daerah. Dalam programnya mensejahterakan masyarakat Bando menggulirkan program IKUTT (Ikan Kebun Tanaman Pangan dan Ternak) dan kemudian program SILUNA (Sengon, Sato Imo, Kopi Luwak dan Buah Naga).

“Kepahiang ini merupakan kabupaten Pemekaran di Propinsi Bengkulu yang dahulu pernah juga terkena busung lapar. Setelah Otonomi terbentuklah kabupaten Kepahiang. Saya selaku bupati definitif pertama menggulirkan program IKUTT dan program tersebut sukses mensejahterakan masyarakat Kepahiang.

Kemudian setelah terpilih untuk kedua kalinya sebagai bupati saya menggulirkan lagi program SILUNA. Dan alhamdulillah masyarakat sejahtera dengan program IKUTT dengan SILUNA ini, dan saya harapkan lagi masyarakat bisa jadi kaya melalui program ini,” terang Bando.

Dikatakannya, intinya untuk mensejahterakan masyarakat itu harus mengembangkan potensi-potensi yang ada di daerah tersebut. “Saya yakin jika seluruh daerah mengembangkan potensinya masing-masing negara kita ini akan maju. Kita tidak perlu lagi impor beras, apa lagi impor daging,” tutur bupati.

Dalam dialog tersebut hadir juga mantan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Republik Indonesia Ryaas Rasyid dan Mantan Walikota Bontang Dr Sofyan Hasdam SPs dalam dialog tersebut, kedua tokoh ini memberi apresiasi kepada bupati Kepahiang.

“Di Indonesia ini banyak sekali bupati-bupati yang bagus. Nah, teman saya Bando (sapaan akrab bupati Kepahiang) ini salah satu yang terbaik dari bupati yang lain. Karena telah berhasil mengembangkan potensi daerahnya. Apa lagi dengan program Sengonnya,” ujar Ryaas Rasyid.

Sebelumnya bupati Kepahiang menyempankan diri untuk membuka kegiatan Apkasi International Trade dan Investment Summit 2013 di Sekretariat APKASI Jakarta.(505)