Api Ludeskan Rumah

BENGKULU,BE- Kebakaran kembali terjadi. Tadi malam sekitar pukul 20.00 WIB, rumah milik Muniarti (42) di Jalan Danau II Rt 001 Rw 002 Panorama terbakar. Api yang cepat membesar meludeskan rumah permanen tersebut. Api pertama kali diketahui oleh anak korban Muniarti, Tiara Irawan Putri (25), "Saya lagi di kamar mandi, dan mencium bau terbakar. Kemudian saya membuka pintu dan langsung melihat asap putih dan api sudah membara." Menyadari rumahnya terbakar, Tiara menutup kembali pintu kamar mandi. Ia pun berteriak kebakaran. Teriakan itu didengar oleh Sang Ibu Muniarti. Ia lalu berteriak meminta bantuan pada tetangga sekitar. Teriakan Muniarti itu didengar oleh Sumaryan (39). Saat itu Sumaryan baru pulang kerja. "Ketika melihat asap dan mendengar teriakan, saya langsung mnghubungi PBK," ujar sumaryan Sekitar lima menit setelah dihubungi, Tim PBK dengan kekuatan penuh langsung tiba TKP (Tempat Kejadian Perkara). Setidaknya 8 unit mobil PK diterjunkan. Petugas PBK pun langsung memadamkan api. Sekitar 30 menit kemudian api berhasil dikuasai. Api diduga berasal dari korsleting listrik. Sejauh ini barang berharga yang bisa diselamatkan hanya 1 unit motor. Sementara perabotan rumah tangga lainnya terbalar. Kalaupun tidak habis terbakar, dipastikan perabotan itu tak bisa digunakan lagi, seperti televisi, kulkas, lemari dan lainnya. Sempat terjadi peristiwa heroik dalam kebakaran itu. Korban Tiara yang pertama kali melihat api terkurung di kamar mandi. Ia mengunci di diri di kamar mandi itu, dengan dikepung oleh kepulan asap. Beruntung warga berhasil menyelamatkan gadis ini. Dengan menjebol dinding kamar mandi yang terletak di kamar korban itum dari belakang. Menurut Panit Reskrim Polsek Gading Cempaka Ipda Miza Yanti Karleni yang turun ke TKP tadi malam, dugaan semetara api berasal dari arus pendek. Ia beserta anggotanya langsung mensterilkan lokasi dengan memasang police Line.(Cw2). Foto: Ari/BE

Tampak petugas PBK saat bertugas memadamkan api yang membakar rumah dan kondisi rumah yang berserakan pasca kebakaran terjadi. Foto: Ari/BE
Tampak petugas PBK saat bertugas memadamkan api yang membakar rumah dan kondisi rumah yang berserakan pasca kebakaran terjadi.
Foto: Ari/BE

  BENGKULU,BE- Kebakaran kembali terjadi. Tadi malam sekitar pukul 20.00 WIB, rumah milik Muniarti (42) di Jalan Danau II Rt 001 Rw 002 Panorama terbakar.

Api yang cepat membesar meludeskan rumah permanen tersebut.
Api pertama kali diketahui oleh anak korban Muniarti, Tiara Irawan Putri (25),
“Saya lagi di kamar mandi,  dan mencium bau terbakar. Kemudian saya membuka pintu dan langsung melihat asap putih dan api sudah membara.”

Menyadari rumahnya terbakar,  Tiara menutup kembali pintu kamar mandi. Ia pun berteriak kebakaran. Teriakan itu didengar oleh Sang Ibu Muniarti. Ia lalu berteriak  meminta bantuan pada tetangga sekitar. Teriakan Muniarti itu didengar oleh Sumaryan (39). Saat itu Sumaryan baru pulang kerja. “Ketika melihat asap dan mendengar teriakan, saya langsung mnghubungi PBK,” ujar sumaryan
Sekitar lima menit setelah dihubungi, Tim PBK dengan kekuatan penuh langsung tiba TKP (Tempat Kejadian Perkara). Setidaknya 8 unit mobil PK diterjunkan. Petugas PBK pun langsung memadamkan api. Sekitar 30 menit kemudian api berhasil dikuasai.

Api diduga berasal dari korsleting listrik. Sejauh ini barang berharga yang bisa diselamatkan hanya 1 unit motor. Sementara perabotan rumah tangga lainnya terbalar. Kalaupun tidak habis terbakar, dipastikan perabotan itu tak bisa digunakan lagi, seperti televisi, kulkas, lemari dan lainnya.

Sempat terjadi peristiwa heroik dalam kebakaran itu. Korban Tiara yang pertama kali melihat api terkurung di kamar mandi. Ia mengunci di diri di kamar mandi itu, dengan dikepung oleh kepulan asap. Beruntung warga berhasil menyelamatkan gadis ini. Dengan menjebol dinding kamar mandi yang terletak di kamar korban itum dari belakang. Menurut Panit Reskrim Polsek Gading Cempaka  Ipda Miza Yanti Karleni yang turun ke TKP tadi malam, dugaan semetara api berasal dari arus pendek. Ia beserta anggotanya langsung mensterilkan lokasi dengan memasang police Line.(Cw2)