Apel Tiga Pilar

1
RIZKY/Bengkulu Ekspress
Apel tiga pilar melibatkan bhabinsa, bhabinkamtibmas, lurah dan personel Polres Bengkulu, Kamis (7/6)

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Polres Bengkulu, Kodim 0407 Kota Bengkulu dan Pemerintah Kota Bengkulu, menggelar apel tiga pilar di halaman Mapolres Bengkulu, Kamis (7/6). Apel tersebut dilakukan untuk mengantisipasi konflik sosial masyarakat menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak. Sekaligus menjalin sinergitas sehingga pelaksanaan Pilkada serentak aman dan kondusif.

Dikatakan Penjabat Walikota Bengkulu, H Biduman Ismaun, mencegah konflik sosial agar jangan sampai terjadi percikan-percikan perbedaan pendapat. Kemudian bisa perbedaan pendapat tersebut bisa menjadi besar sehingga menganggu konsentrasi persiapan sampai pelaksanaan Pilkada nanti.

“Jika percikan-percikan kecil perbedaan pendapat dibiarkan, bukan tidak mungkin akan menjadi besar dan menganggu konsentrasi Pilkada. Salah satu tujuan apel tiga pilar mencegah hal itu terjadi,” jelas Budiman.

Budiman mengaku, seluruh persiapan yang berkaitan dengan pelaksanaan pilkada sudah selesai hanya tinggal menunggu hari pelaksanaan. Sejauh ini kondisi para kandidat dan masyarakat sangat kondusif. “Sejauh ini sangat kondusif kondisinya, persiapan sudah selesai tinggal menunggu hari,” imbuh Budiman.

Sementara itu Kapolres Bengkulu, AKBP Prianggodo Heru Kunprasetyo SIK mengataan, tiga pilar juga bisa diartikan sebagai Bhabinsa, Bhabinkamtibmas dan lurah. Diharapkan bisa mendapatkan informasi lebih cepat dari masyarakat jika terjadi masalah sekecil apapun. Masalah yang terkecil harus segera diselesaikan agar tidak menjadi besar. Permasalahan awal harus ditangani terlebih dulu.



“Kita menyelesaikan masalah harus dari awal atau dari hulu, agar nanti kedepannya tidak menjadi masalah besar. Apalagi ini kan Pilkada serentak, semua pihak harus terlibat mensukseskan Pilkada serentak,” pungkas Kapolres.(167)