APBD Kota Bengkulu Tahun 2017 Disahkan

23 JAN 2017

APBD 2017
Walikota bersama Ketua DPRD Kota Bengkulu, didampingi Wakil Walikota Bengkulu dan Wakil Ketua DPRD Kota Bengkulu, foto bersama usai penandatangan Perda APBD Kota Bengkulu 2017. (Foto ANDRI/bengkuluekspress.com)

Anggaran Pendidikan dan Kesehatan di Atas 30%

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Setelah melalui proses panjang, akhirnya hari ini, Senin, (23/01/2017) Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah kota Bengkulu (APBD) kota Bengkulu tahun 2017 disahkan dalam rapat paripurna DPRD Kota Bengkulu.

Rapat paripurna ini dipimpin langsung oleh ketua DPRD Kota Bengkulu, Erna Sari Dewi, SE didampingi Wakil Ketua I Yudi Darmawansyah, S.Sos dan Wakil Ketua II DPRD Kota, Tengku Zulkarnain, SE.

Sedangkan dari pihak eksekutif hadir Walikota Bengkulu, Helmi Hasan, SE dan Wakil Walikota Bengkulu, Ir. Patriana Sosialinda, serta segenap unsur SKPD dan FKPD jajaran kota Bengkulu.

Walikota Bengkulu Helmi Hasan mengucapkan banyak terimakasih atas dukungan semua pihak yang telah membantu merumuskan pembahasan APBD kota Bengkulu tahun anggaran 2017. Sehingga pengesahan raperda APBD kota Bengkulu ini dapat dilaksanakan hari ini.

Pada kesempatan tersebut, Walikota menekankan kepada seluruh unsur jajaran di pemerintah kota Bengkulu, DPRD dan seluruh pihak terkait lainnya, agar kedepan dapat terus meningkatkan kerjasama dan saling mendukung satu sama lain.

“Membangun kota Bengkulu ini tidaklah cukup hanya mengandalkan atau melalui APBD saja,” ujarnya.

Walikota menambahkan, dukungan tersebut dapat dilihat bagaimana struktur APBD kota Bengkulu saat ini jauh lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Keberpihakan atas apa yang menjadi keinginan rakyat kota Bengkulu mampu kami terjemahkan dalam bentuk APBD kota Bengkulu. Untuk itu, saya menghimbau seluruh unsur yang terkait agar dalam pelaksanaannya diharapkan dapat betul-betul dilaksanakan secara taat hukum, waktu, dan tentu nya bermanfaat bagi kita semua,”harapnya.

Pada kesempatan yang sama, ketua DPRD kota Bengkulu, Erna Sari Dewi (ESD) juga menegaskan bahwa anggaran yang ada nantinya dapat betul-betul di pergunakan untuk kepentingan masyarakat.

“Kita lihat jumlah APBD kota Bengkulu tahun 2017 jauh lebih baik dari pada tahun sebelumnya. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya jumlah APBD kita saat ini, yang jumlahnya lebih besar dibandingkan tahun lalu,” ujarnya.

Selain itu, pada tahun ini pemerintah telah menganggarkan anggaran pendidikan dan kesehatan di atas 30%. Hal ini jauh dari target yang sudah ditentukan. Artinya cerminan APBD kota Bengkulu tahun anggaran 2017 itu lebih baik.

“Yang jelas fokus dan konsentrasi APBD tahun 2017 ini adalah untuk kepentingan masyarakat,” terang ESD.

Sementara itu, juru bicara Badan Anggaran DPRD kota Bengkulu, Elvin Yanuar mengatakan bahwa APBD tahun 2017 ini dapat diakomondir sesuai dengan skala prioritas yaitu pendidikan dan kesehatan.

Disamping itu, Badan Anggaran DPRD kota dan tim anggaran pemerintah kota Bengkulu juga menyetujui adanya pemberian penambahan penghasilan atau TPP berupa penambahan penghasilan atau juga beban kerja kepada ASN/PNS di pemerintah kota Bengkulu.

“Tim anggaran pemerintah kota Bengkulu juga telah menyetujui anggaran pada dinas pekerjaan umum dan penataan ruang di kota Bengkulu. Yakni sebesar kurang lebih Rp. 267 milyar” terangnya.

Besaran dana ini diprioritaskan untuk pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur di kota Bengkulu dan pembayaran hutang kepada pihak ketiga yang belum terbayarkan pada tahun 2016 yaitu sebesar kurang lebih Rp. 10 milyar.
(prw/one)

Foto Berita Pengesahan Perda APBD Kota Bengkulu Tahun 2017