APBD Kota Ditargetkan Rp 1,3 T

duit
Foto : IST

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Bengkulu ditargetkan mengalami peningkatan signifikan. Jika selama ini total Rp 1,1 triliun maka prospek di tahun 2019 mendatang mencapai Rp 1,3 triliun.



“Struktur anggaran kita usahakan meningkat, karena angka Pendapatan Asli Daerah (PAD) kurang lebih bertambah Rp 10 miliar, itu dana perimbangan. Totalnya kita harapkan bisa menjadi 1,3 triliun,” ujar Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) kota, Drs Riduan MSi, kemarin (15/7).

Peningkatan ini juga dilihat dari dana perimbangan Dana Alokasi Khusus (DAK) baik fisik maupun non fisik, yang sebelumnya usulan dari pemerintah kota sudah dikirim ke pusat.  Dari komunikasi sejauh ini pihaknya optimis mendapatkan peluang untuk penambahan dari pusat. Selain itu, juga diharapkan dana bagi hasil bisa meningkat dan Dana Alokasi Umum (DAU) juga ada potensi peningkatan

“Tinggal berapa yang dialokasikan untuk pemerintah kota, kita menunggu itu dan APBN sekarang lagi dibahas. Mudah-mudahan dana APBN ini bisa meningkat juga,” ungkapnya.

Jika hal ini terwujud, maka akan berdampak terhadap laju pembangunan di Kota Bengkulu, terutama dalam menunjang program-program pembangunan Walikota dan Wakil Walikota baru Helmi-Dedy, yakni pembangunan akan lebih menekankan penuntasan infrastruktur seperti jalan, fasilitas umum dan sebagainya.  “Kalau nanti bisa meningkat, mungkin akan ada beberapa mata anggaran yang ditambah sesuai kebutuhan, mungkin seperti infrastruktur, kesehatan atau pendidikan. Apalagi waktu kita mengusulkan itu sudah banyak yang diverifikasi,” pungkasnya. (805)