APBD Harus Terserap 100 Persen

POTO-IRIHADI-WASIKTAIS, BE – Kepala Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Seluma Irihdi SSos Msi mengharapkan seluruh SKPD dapat merealisasikan APBD secara keseluruhan. Untuk itu, DPPKAD sudah menyampaikan surat ke seluruh SKPD di lingkungan Pemkab Seluma agar berupaya menyerap anggaran sampai 100 persen.
“Kita telah menyurati seluruh SKPD agar dapat merealisasikan program yang telah direncanakan sehingga dana APBD dapat terserap sepenuhnya,” terang Irihadi.
Menurutnya, saat ini sudah memasuki bulan keenam di tahun 2013, kemudian seluruh anggaran yang sudah disahkan dalam APBD harus terserap 100 persen oleh SKPD. Karena jika anggaran yang sudah disahkan tidak terserap, berarti SKPD di lingkungan Pemkab Seluma tidak melaksanakan program mereka.
Sementara itu, kalau dalam anggaran yang diutamakan adalah biaya rutin. Karena jika tidak dianggarkan maka pemerintahan tidak jalan, kemudian barulah untuk pembangunan fisik seperti yang sudah diprogramkan. Karena jangan sampai pembangunan fisik dikerjakan tapi biaya pemerintahan justru tidak dibayarkan.
“Untuk saat ini baiaya rutin termasuk untuk pembayaran gaji PNS di lingkungan Pemkab Seluma masih dibawah 50 persen dari APBD Kabupaten Seluma,” tegasnya.
Ditambahkannya, 50 persen lagi dari APBD Kabupaten Seluma barulah bisa digunakan untuk membiayai pembangunan fisik sesuai dengan program yang sudah disetujui oleh DPRD Seluma. (333)