Antisipasi UMKM Bangkrut

pajak-large
fOTO :IST

 KPP Pratama Curup Gelar Seminar

CURUP, Bengkulu Ekspress – Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan kembali menunjukkan kepeduliannya kepada para pelaku UMKM. Setelah sebelumnya menurunkan tarif pajak untuk pelaku UMKM menjadi 0,5 persen, kali ini Direktorat Pajak melalui Kantor Pelayanan Pajak Pratama Curup, akan memberikan pemahaman terkait dengan sistem manajerial untuk mengantisipasi kebangkrutan bagi para pelaku UMKM khususnya yang ada diwilayah KPP Pratama Curup.

“Seminar yang akan kita gelar Kamis (30/8) ini untuk tak lain untuk meningkatkan kemampuan UMKM yang ada di wilayah KPP Pratama Curup,” sampai Plt Kepala KPP Pratama Curup, Mawad Sri Basoeki saat dikonfirmasi Minggu (26/8) kemarin.

Dijelaskan Sri, dalam seminar dengan tema cegah bangkrut dengan handphone para pelaku UMKM akan dilatih baik dalam bidang teknis seperti untuk meningkatkan produksi maupun dalam bidang manajerial.Menurut Sri, KPP Pratama Curup menggelar seminar untuk pelaku UMKM ini, karena menurutnya, KPP Pratama Curup menilai selama ini UMKM yang ada di Kabupaten Rejang Lebong, Lebong dan Kepahiang belum mampu berkembang karena belum memiliki pembukuan yang bagus.

“Dengan adanya kegiata seminar ini, kita berharap para pelaku UMKM bisa memiliki pembukuan yang bagus sehingga mereka bisa berkembang,” harap Sri.

Dalam kegiatan tersebut, KPP Pratama Curup akan menghadirkan Khusnaini SST AK MAB yang dari Politeknik Keuangan Negara STAN Kementerian Keuangan. Dimana menurut Sri, dalam seminar tersebut Khusnaini akan mengajarkan para pelaku UMKM untuk melakukan pembukuan menggunakan HP dengan sejumlah aplikasi yang tersedia.

“Bila selama ini pembukuan sulit, maka akan kita permudah melalui aplikasi yang ada sehingga lebih mudah dan lebih ringkas namun tetap memenuhi standar,” jelas Sri.

Mengingat pentingnya seminar untuk mengembangkan UMKM yang ada tersebut, Sri mengajak seluruh pelaku UMKM untuk mengikuti kegiatan tersebut. Terlebih lagi menurutnya dalam mengikuti kegiatan tersebut peserta tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Untuk syaratnya peserta cukup membawa foto copy KTP dan NPWP. Bahkan menuru Sri bila belum memiliki NPWP cukup membawa foto copy KTP saja. “Kegiatan ini kita berikan gratis untuk pelaku UMKM, hanya saja tempatnya terbatas,” sampai Sri.

Untuk mendaftar menjadi peserta, menurut Sri caranya cukup mudah, karena pendaftaran bisa dilakukan secara online, dimana panitia telah menyiapkan formulirnya secara online, untuk mendapatkan formulirnya, pelaku UMKM cukup mengakses di media sosial milik KPP Pratama Curup baik melalui Facebook maupun melalui instagram.

Dalam kesempatan tersebut, Sri juga menyampaikan bahwa kegiatan seminar tersebut merupakan bagian dari agenda rutin yang dilakukan KPP Pratama Curup setiap tahunnya yaitu kegiatan Business Development Services (BDS).(251)