Antisipasi Penyebaran Virus Corona,  Gubernur Minta Pasang Thermal Scaner

Foto Hendrik – Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah didampingi kepala dinas kesehatan Provinsi Bengkulu H. Erwan Antoni, kepala RS M.yunus Syafriadi dan kepala Dinas Kesehatan kota Bengkulu saat konfrensi pers, Senin (27/1).

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah menegaskan, hingga saat ini di Provinsi Bengkulu tidak ada indikasi masuknya penyakit pneumonia akibat novel coronavirus. 

Rohidin meminta seluruh rumah sakit umum dan daerah untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi penyebaran virus penyebab penyakit radang paru atau pneumonia ini.

“Alhamdulillah sampai saat ini tidak ada indikasi penyakit pneumonia akut akibat novel coronavirus masuk ke wilayah Bengkulu. Kita semua tetap waspada dan siap siaga,” tegas Gubernur saat konferensi pers perihal Antisipasi Virus Corona di ruang Media Center Pemprov Bengkulu, Senin (27/1).

Dilanjutkan Rohidin, sebagai pemerintah dipastikan daerah ini tidak ada tertular masuk virus corona. Maka hari ini melibatkan stakeholder yang ada untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat provinsi Bengkulu.

Saat konpress Mantan Wakil Bupati BS itu minta seluruh Dinas Kesehatan Provinsi dan Kantor Kesehatan Pelabuhan, Bandara, RS Umum Daerah dan Laboratorium agar meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi penyebaran virus.

“Pertama mengscearming orang asing jika baru tiba di Bengkulu baik melalui pelabuhan ataupun bandar udara karena virus tersebut informasinya sudah menyebar bahkan menjadi sorotan dunia saat ini. Kita minta Bandara dipasang thermal scaner, terutama orang asing apa terjangkit atau tidak, untuk diperiksa,” pungkasnya.

Jika ada yang diduga orang asing terjangkit, Politisi Golkar itu menegaskan agar disiapkan tim khsusus dan ruangan khusus untuk pasien. jika ada yg terjangkit untuk merawat yang terjangkit. Kemudian, meminta Bupati/ Walikota untuk menjaga wilayah masing-masing mulai penaanganan jika ada masyarakat yang terjangkit.

“Kita akan keluarkan SE ke Bupati /Walikota untuk menjaga di wilayah masing-masing. Baik memberikan informasi teknik penanganan lebih rinci terhadap masyarakat maupun mengajak masyarakat untuk berlaku hidup sehat,” tukasnya.

Namun sambung Rohidin, masyarakat jangan galau dan panik menyiikapi hal ini. Karena dipastikan saat ini kondisi Bengkulu aman dan akan dijaga tetap aman. (HBN)