Antisipasi Mogok, Bus Armina Diganti Baru

Saat ini, tim Kemenag tengah fokus mempersiapkan transportasi yang akan digunakan jamaah pada puncak pelaksanaan ibadah haji. Muasasah telah mempersiapkan 2.041 unit bus yang akan digunakan untuk transportasi dari pemondokan menuju Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armina).

“Bus yang sediakan adalah bus yang baru, agar tidak terulang kejadian bus mogok sehingga menyebabkan penumpukan penumpang seperti tahun lalu,” terang Direktur Transportasi Shuttle Bus Armina untuk Asia Tenggara, Sadi Syamir Khalifah.

Kepala Daker Makkah, Arsyad Hidayat, mengakui layanan transportasi Armina tahun lalu dinilai masih rendah oleh jamaah. Berdasarkan hasil survey BPS 2012 memperlihakan tingkat kepuasan jamaah pada layanan haji 2011mencapai 83,31 persen. Dari indeks tersebut layanan transportasi menempati urutan terrendah yakni 77,4 persen.

Tahun lalu, kata Arsyad, sempat terjadi keterlambatan kedatangan jamaah haji ke Mudzdalifah. Akibatnya, jamaah juga terlambat datang ke mina. “Dampaknya sangat besar kepada jamaah. Mereka kelelahan sampai terlalu lama menunggu,”paparnya.

Tahun ini, jamaah yang pemondokannya jauh dari Arafah bisa berangkat” terlebih dulu. Karena jamaah haji reguler mencapai 194 ribu orang, papar Arsyad, maka pemberangkatan jamaah ke Arafah harus dimulai pukul 7 pagi. Jamaah akan berangkat ke Arafat pada 8 Dzulhijjah. (jpnn)