Antisipasi Longsor, Siagakan Alat Berat

Ir Silusteru MM

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Bengkulu Selatan (BS),Ir Silusteru MM mengatakan pihaknya saat ini mulai menyiagakan alat berat di daerah rawan longsor, khususnya di Kecamatan Ulu Manna. Sehingga, ketika ada longsor, alat berat langsung melakukan evakuasi. “Untuk mengantisipasi longsor di kawasan Ulu Manna, kami siagakan alat berat,” katanya.

Silus mengaku, kawasan jalan raya di Kecamatan Ulu Manna merupakan jalan penghubung BS dengan Provinsi Sumatera Selatan atau jalan Akses Manna-Pagar Alam merupakan kawasan yang rawan longsor. Dengan adanya alat berat tersebut, tanah yang menimbun badan jalan dapat langsung dievakuasi. “Ketika longsor, bisa segera dievakuasi, sehingga akses macet tidak lama,” ujarnya.

Silus menambahkan, untuk saat ini akses Manna-Pagar Alam sudah normal lagi, Bahkan jembatan yang ambruk di daerah Tanjung sakti sudah diperbaiki oleh pemerintah daerah setempat. Hal itu diketahuinya dari hasil koordinasi pihaknya dengan pemerintah daerah setempat.“ Saat ini warga dari Manna mau ke Pagar Alam atau sebaliknya sudah bisa lewat,” imbuhnya.

Dengan begitu, saat mau mudik idul fitri nanti, warga sudah bisa melintasi jalan Manna-Pagar Alam tersebut. Namun demikian, dirinya tetap mengimabu warga agar lebih waspada, sehinggga nanti tidak menjadi korban saat terjadi longsor. Sebab di sisi kiri dan kanan jalan Manna-Pagar Alam banyak bukit dan rawan longsor.

” Yang mau mudik ke arah Pagar Alam atau sebaliknya sudah bisa melintasi jalan tersebut, namun tetap waspada agar tidak tertimpa longsor saat melintas,” bebernya.

Silus juga mengaku akan terus berkoordinasi dengan pemerintah setempat.Sehingga ketika ada bencana alam lagi, dapat segera diberitahukan kepada warga. Dengan begitu warga bisa lebih berhati-hati. “Kami akan selalu pantau kondisi jalan tersebut, kami juga  minta kerja sama dari warga, jika ada longsor segera beritahu  kami, agar petugas kami dapat langsung ke lokasi,” terang Silus.(369)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*