Animo Masuk PPK Cukup Tinggi

ARY/BE
Para pendaftar PPK saat menyerahkan berkas ke KPU Rejang Lebong, animo masyarakat untuk mendaftar PPK di KPU Rejang Lebong cukup tinggi.

CURUP, bengkuluekspress.com – Banyaknya anggota PPK yang sakit bahkan meninggal dunia di beberapa daerah dalam Pemilu serentak 2019 lalu tak menyurutkan animo masyarakat untuk menjadi anggota PPK. Bahkan Animo masyarakat Rejang Lebong menjadi Anggota PPK cukup tinggi. Ketua KPU Rejang Lebong, Drs Restu S Wibowo mengungkapkan jumlah pendaftar PPK di KPU Rejang Lebong sendiri sudah melebihi dari syarat minimal disetiap kecamatannya. Syarat minimal tersebut sudah dipenuhi sejak hari kelima pengembalian berkas pada Rabu (22/1) kemarin.

“Alhamdulillah animo masyarakat untuk menjadi anggota PPK untuk Pilkada 2020 ini sangat tinggi,” terang Restu.

Bahkan menurut Restu, dibandingkan pendaftar untuk Pemilu serentak 2019 kemarin, jumlah pendaftar PPK untuk Pilkada serentak 2020 ini jauh lebih baik. Karena menurut Restu pada pendaftaran PPK untuk Pemilu serentak 2020 jumlah pendaftarnya hanya sekitar 300 orang. Kemudian untuk Pilkada serentak 2020 ini, hingga kemarin atau satu hari sebelum penutupan pendaftaran atau pengembalian berkas jumlah pendaftarnya sudah mencapai 404 orang. “Hingga kita tutup dihari keenam ini, jumlah pendaftarnya sudah mencapai 404 orang, meningkat dari pendaftar PPK untuk Pemilu 2019 lalu yang hanya sekitar 300 orang,” tambah Restu.

Dengan melihat tingginya animo masyarakat untuk menjadi anggota PPK tersebut, maka menurut Restu kasus meninggalnya sejumlah anggota PPK dibeberapa daerah ditanah air dalam Pilkada 2020 kemarin tak mempengaruhi minat masyarakat untuk menjadi bagian dari suksesnya Pilkada serentak 2020 mendatang. Kemudian untuk jenis pendaftar sendiri, menurut Restu meskipun didominasi oleh pendaftar laki-laki, namun untuk pendaftar perempuan juga tak kalah banyak. Mereka yang mendaftar ini baik merupakan pendatang baru maupun mereka yang sebelumnya pernah menjadi anggota PPK.

“Sedangkan untuk jenjang pendidikan didominasi oleh lulusan S1 dan SMA, meskipun ada juga yang lulusan DI, DII dan DIII yang mendaftar namun jumlahnya lebih banyak yang S1 dan SMA,” demikian Restu.

Jumlah pendaftar dari lulusan SMA dan S1 sendiri menurut Restu hampir sama, hingga kemarin untuk jumlah pendaftar lulusan SMA sebanyak 182 orang sedangakn untuk lulusan S1 sebanyak 185 orang. Kemudian untuk perbandingan pendaftar perempuan dan laki-laki yaitu sebanyak 278 orang untuk laki-laki dan 126 untuk perempuan. “Berdasarkan kecamatan yang paling banyak pendaftar yaitu Kecamatan Curup Tengah sebanyak 50 orang dan paling sedikit Sindang Kelingi yang baru 11 orang,” demikian Restu.(251)